Penampilan yang menarik merupakan impian setiap orang. Laki-laki atau perempuan, keduanya berlomba-lomba untuk memiliki penampilan yang menarik, salah satunya dengan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal merupakan keadaan berat badan yang berbanding seimbang dengan tinggi badan. Salah satu faktor yang dapat menjadi indikator seseorang memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dengan memiliki bentuk perut yang rata. Bentuk perut yang rata juga merupakan salah satu indikator kesehatan seseorang. Sayangnya, banyak orang yang justru memiliki perut yang besar alias tidak rata. Berikut kami ulas cara mengecilkan perut yang efektif dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

 

Cara mengecilkan perut

 

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat memiliki perut yang rata, antara lain dengan mengatur menu serta pola makan dan dengan melakukan olahraga secara teratur. Kedua cara mengecilkan perut ini harus dilakukan secara bersamaan. Artinya, jika hanya melakukan salah satu dari kedua cara di atas, hasil yang akan didapatkan akan kurang maksimal. Selain itu, diperlukan konsistensi dalam melakukan kedua hal tersebut agar cita-cita memiliki perut yang rata dan bentuk tubuh yang ideal dapat segera Anda miliki.

 

Cara pertama untuk mengecilkan perut adalah dengan mengatur menu serta pola makan yang sehat. Menu makanan yang dapat dikonsumsi agar memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dengan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya, hindari juga makanan yang banyak mengandung gula, tepung, atau makanan berpengawet. Perbanyak makanan yang mengandung gizi tinggi. Pola makan yang sehat juga termasuk pengaturan jam makan atau intake nutrisi ke dalam tubuh. Usahakan agar Anda memiliki waktu makan yang teratur untuk mencegah kelaparan yang dapat mengakibatkan Anda tidak cukup mengonsumsi makanan dalam satu porsi saja di waktu selanjutnya. Selain itu, Anda juga harus menghindari makan saat mendekati waktu tidur agar makanan dapat langsung dicerna oleh tubuh Anda.

 

Cara lain untuk dapat memiliki tubuh yang ideal adalah dengan melakukan olahraga. Terdapat berbagai macam gerakan olahraga yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Olahraga ini tentunya memiliki banyak manfaat, salah satunya olahraga untuk mengecilkan perut. Berikut beberapa contoh gerakan olahraga yang terbukti dapat mengecilkan perut Anda.

 

Olahraga untuk mengecilkan perut

 

Cara Mengecilkan Perut dengan Cara Ini, Yakin Berhasil?

  1. Standing Oblique Crunch

Gerakan olahraga ini dapat dilakukan untuk membentuk otot tubuh, khususnya mengencangkan otot perut serta membentuk pinggang menjadi lebih kuat dan kencang. Caranya dengan berdiri dan gunakan beban seberat 2-4 kg. Setelah itu, seimbangkan lengan kiri dengan menyentuh kepala. Lalu, turunkan lengan kanan secara perlahan. Usahakan agar pinggul tidak berubah posisi saat meregangkan tubuh ke lantai.

 

  1. Plank

Gerakan ini dapat mengecilkan perut dengan melatih ototnya. Mulai gerakan ini dengan posisi push up dengan tangan di samping, lalu atur kaki melebar sebahu. Lakukan gerakan ini di atas matras tipis agar lebih nyaman.

 

  1. High Intensity Interval Training (HIIT)

Menurut penelitian, HIIT terbukti efektif dalam mengurangi lemak di area perut. Kegiatan ini meliputi beberapa gerakan, antara lain berlari, bersepeda, dan dilanjutkan dengan kegiatan intensitas rendah di saat detak jantung tetap dipercepat.

 

  1. Yoga

Selain dapat mengelola stress, yoga mampu membakar kalori secara efektif. Lakukan gerakan yoga yang terfokus pada area perut. Anda juga dapat mulai dengan yoga yang diawasi oleh instruktur atau latihan yoga sendiri di rumah.