Mengulas Seputar Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sepeda Listrik

Mengulas Seputar Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sepeda Listrik

Sepeda saat ini menjadi salah satu kendaraan yang memiliki fungsi ganda. Selain bisa menyehatkan tubuh, juga mampu mengurangi polusi udara karena tidak memerlukan bahan bakar. Saat bersepeda kita harus mengayuh pedal agar bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Kegiatan ini tentu saja memerlukan tenaga dan upaya. Sehingga sangat sedikit orang yang menjatuhkan pilihan pada sepeda untuk kegiatan berkendara dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Hanya sebagian orang yang benar-benar pecinta aktivitas bersepeda yang masih mengandalkan sepeda sebagai pengantar aktivitas mereka. Namun sejak kemunculan sepeda listrik, kegiatan bersepeda menjadi lebih mudah dilakukan. Bahkan orang tua juga bisa melakukannya karena sepeda bisa melaju dengan bantuan tenaga listrik.

 Mengulas Seputar Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sepeda Listrik

Di negara-negara besar, seperti China, Belanda, dan Jepang sepeda dengan bantuan tenaga listrik sudah banyak digunakan untuk mengantarkan menuju ke berbagai aktivitas yang beragam. Sepeda jenis ini sangat cocok untuk mereka yang sudah berusia lanjut karena pengoperasiannya yang mudah dan praktis. Di Indonesia sendiri, sepeda yang menggunakan baterai untuk bisa re-charge ini terbilang mulai mewabah. Terlebih dengan mulai banyaknya masyarakat yang sadar dengan penggunaan kendaraan berbahan bakar yang bisa menimbulkan polusi, sepeda jenis ini makin dilirik saja. 

Sepeda listrik bisa digunakan untuk mengantar anak pergi sekolah, berbelanja atau pergi ke tempat-tempat terdekat, dlsb. Namun yang perlu Anda ketahui, ada beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri dari penggunaan sepeda jenis ini. Lebih jelasnya bisa disimak yang berikut ini:

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang akan didapatkan, seperti:

  • Bisa dioperasikan dengan dua pilihan tenaga, yaitu dengan dikayuh atau menggunakan tenaga listrik. Saat sudah lelah atau digunakan oleh manula, sepeda bisa dijalankan dengan tenaga listrik.
  • Sangat efektif untuk menjangkau tempat-tempat dengan jarak dekat.
  • Lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi.
  • Sepeda dapat digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak 40-60 km untuk sekali charge saja.
  • Tidak dikenakan kewajiban untuk membayar pajak ataupun memiliki surat perizinan karena kecepatannya masih berada di ambang 30-40 km/jam.
Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
Kekurangan

Untuk kekurangannya sebagai berikut:

  • Aki sepeda memiliki usia pakai rata-rata 2 tahun. Sehingga setelah usia aki sepeda habis, maka harus bersiap-siap membeli aki baru agar bisa di charge lagi. Harga aki-nya terbilang mahal, antara 750 ribu hingga 2 juta rupiah.
  • Memerlukan waktu charge yang relatif lama agar aki bisa full, sekitar 8 jam.
  • Masih sedikitnya bengkel resmi sepeda. Sehingga jika ada kerusakan atau kendala cukup merepotkan untuk mengurusnya.
  • Daya tampung beban yang terbatas. Anda bisa menggunakan sepeda listrik dengan beban maksimal 125 kg saja. Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengangkut barang-barang berat secara berlebihan.

Bagaimana informasinya cukup membantu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *