Tips Aman Membeli Sepeda Anak Sesuai Usia

Tips Aman Membeli Sepeda Anak Sesuai Usia

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyehatkan badan. Untuk anak-anak, sepeda bisa menjadi salah satu benda yang tepat untuk diberikan. Karena selain bisa digunakan untuk bermain bersama dengan teman-temannya, juga bisa menyehatkan dan melatih motorik anak. Sepeda anak terbilang mudah ditemukan di pasaran, sehingga para orang tua cukup mudah untuk memberikan jenis sepeda ini untuk putra-putrinya.

 Tips Aman Membeli Sepeda Anak Sesuai Usia

Ukuran sepeda untuk anak-anak biasanya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan usia masing-masing anak. Model dan desainnya pun cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kesukaan anak-anak. Sehingga untuk orang tua yang sedang memilihkan sepeda untuk putra-putrinya harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Ukuran sepeda, bisa disesuaikan dengan postur tubuh anak agar bisa menggunakan sepeda dengan nyaman. pastikan kedua kaki si kecil bisa memijak pada tanah dan lutut tidak saling berbenturan dengan stang.
  • Stang, jarak stang jangan terlalu dekat maupun terlalu jauh agar nyaman saat digunakan.
  • Velg, yang sudah cukup baik terbuat dari bahan alumunium dengan diameter disesuaikan dengan tinggi badan anak. Diameter 16 inchi untuk tinggi badan 100-125 cm dan diameter 20 inchi untuk yang memiliki tinggi badan 120-135 cm.
  • Rem, pastikan rem berfungsi dengan baik karena menyangkut keamanan si kecil saat bersepeda.
  • Pelindung rantai, hal ini dimaksudkan agar celana atau kaki anak tidak tersangkut ke dalam kumparan rantai. Selain itu juga agar pakaian tidak terkena kotoran dari rantai saat mengayuh sepeda anak.

Mengingat usia anak yang beragam dan memiliki tinggi tubuh yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, maka pemilihan sepeda juga harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan anak. Berikut ini ada beberapa tips-tipsnya, yaitu:

  • Usia 1-3 tahun.

Di usia ini, si kecil masih dalam tahap belajar naik sepeda. Untuk itu sebaiknya berikan sepeda dengan bantuan roda tambahan di belakang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat si kecil bermain dan belajar menggunakan sepeda. Karena sudah memiliki keseimbangan dan tidak mudah untuk terjatuh.

  • Usia 2-4 tahun.

Untuk anak usia 2-4 tahun, Anda bisa memberikan sepeda dengan ukuran 12 inchi. Sepeda jenis ini merupakan sepeda terkecil dengan pedal di tengah. Rata-rata sepeda jenis ini memiliki dua buah roda utama dan tambahan dua buah roda berukuran lebih kecil di bagian belakang yang berfungsi sebagai keseimbangan. Sehingga cocok untuk anak yang masih dalam tahap belajar menggunakan sepeda.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
  • Usia 4-7 tahun.

Untuk anak usia 4 tahun ke atas, Anda bisa memberikan sepeda anak dengan ukuran 16 inchi. Karena tubuh anak sudah mulai tumbuh dan berkembang, sehingga jika diberikan sepeda dengan ukuran di bawahnya, misalnya 12 inch akan mengganggu lutut anak saat digunakan mengayuh karena bisa mengenai stang. Selain itu juga sudah tidak sesuai dengan postur tubuh anak dan dikhawatirkan harus membungkuk saat menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *