Tips Aman Belajar Sepeda Fixie

Tips Aman Belajar Sepeda Fixie

Bersepeda saat ini menjadi alternatif transportasi yang dipilih oleh sebagian orang, khusunya masyarakat kota untuk bepergian. Bersepeda dianggap lebih praktis untuk menerobos kemacetan kota jakarta, jika jarak yang ditempuh masih memungkinkan. Selain itu kesadaran untk berolahraga yangs semakin tinggi dan kesadaran untuk mengurangi gas emisi hasil pembakaran kendaran bermotor menjadi faktor lannnya. Salah jenis sepeda yang populer digunakan adalah sepeda fixie .

Tips Aman Belajar Sepeda Fixie

 

Sepeda fixie seolah menjadi trend dan gaya baru masyarakat kota. Sepeda ini dipilih  karena memiliki body yang lebih praktis, jadi cocok untuk lingkungan perkotaan. Fixie hanya memiliki satu tingkat kecepatan serta tidak memiliki rem. Jadi untuk menyesuaikan kecepatan digunakan pedal yang putarannya dipatenkan degan putaran roda. Karena itu fixie dianggap sulit untuk dikendarai daripada sepeda standar pada umumnya. Bahkan fixie kadang bisa membuat kecelakaan bagi orang yang belum terbiasa menggunakannya.

Tips Belajar Sepeda Fixie Dengan Mudah

Butuh keahlian dan latihan khusus untuk dapat mengendarai sepeda fixie. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk berlatih mengendarai fixie sehingga kita bisa berkendara dengan nyaman dan aman? Berikut tips dari kami.

  • Untuk berlatih menggunakan sepeda fixie lebih baik anda lakukan di daerah yang tidak ada lalu lalang kendaraan. Selain itu pilihlah tempat yang halus. Hal ini lebih aman untuk dilakukan karena anda belum menguasai sepenuhnya mengotrol kecepatan sepeda.
  • Untuk belajar anda sebaiknya menggunakan kecepatan yang paling rendah dulu. Biasakan dulu menyesuaikan dengan ritme  putaran pedal. Setelah biasa anda bisa sedikit menambah kecepatan anda.
  • Setelah terbiasa dengan ritme putaran sepeda fixie, Sekarang pelan-pelan anda mulai membiasakan diri mengatur kecepatan sepeda. Anda bisa mengulang-mengulang cepat lambat, cepat lambat dengan berlatih kapan harus menahan pedal.
  • Dalam berkendara fixie anda juga harus berlatih memperhitungkan kemampuan anda dalam menurunkan kecepatan. Jika dalam jarak dan kecepatan tertentu mampukah mengendalikan kecepatan. Tentu akan beda antara jarak yang jauh dan pendek. Disini tempo sangat penting untuk dilatih.
  • Penting juga untuk melatih cara menghentikan sepeda. Anda bisa melakukannya dengan tetap duduk dan menekan kaki anda ke dalam. Anda juga bisa lakukan dengan berdiri, ketika pedal pad posisi horizontal, anda tekan pedal satu ke belakang dan satu kedepan. Tentu dalam latihan ini, gunakan kecepatan yang pelan dulu.
  • Setelah terbiasa dengan kecepatan rendah dan tempat yang sepi, anda bisa mencobanya di tempat yang lebih ramai. Tapi untuk selalu diingat pikirkan kecepatan dan jarak yang mampu anda kendalikan.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Di atas telah kami paparkan tips dalam berlatih menggunakan sepeda fixie. Untuk bisa handal menguasai fixie memang dibutuhkan kesabaran. Jangan bernafsu dulu untuk bersepeda dengan kecepatan yang anda suka. Karena yang penting disini adalah keselamatan anda dan orang lain. Loss control sering terjadi ketika kita tidak bisa menguasai emosi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *