Home Food Simak Beragam Makanan untuk Darah Rendah Agar Puasamu Tetap Lancar

Simak Beragam Makanan untuk Darah Rendah Agar Puasamu Tetap Lancar

by Sarah Amelia

Ketika kamu mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi, kamu akan merasa pusing, penglihatan kabur, lelah, letih, dan bahkan bisa jadi pingsan. Hal ini tentu membuat puasamu menjadi lebih sulit. Agar puasa tetap berjalan dengan baik, penting buatmu untuk mengatur menu sahur dan buka. Tidak hanya menu yang dianjurkan, tapi kamu juga harus tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Oleh sebab itu, simak artikel mengenai makanan untuk darah rendah berikut ini, dan terapkan dalam keseharian. Dijamin, puasamu bakal lebih ringan, sehingga ibadah dan kerja tetap maksimal!

 

Prinsip Pola Makan bagi Penderita Hipotensi

Mengatur pola makan adalah salah satu strategi terbaik untuk penderita hipotensi agar terhindar dari gejala-gejala yang mengganggu. Namun jangan lupa, kamu juga harus tetap menjalani pola hidup sehat seperti olah raga dan istirahat yang cukup. Dalam keadaan berpuasa, jumlah makanan dan waktu asupan juga harus dijaga agar kondisi badan tetap optimal. Berikut pola makan yang harus dijaga bagi penderita hipotensi:

  1. Minum lebih banyak air putih

Minumlah air putih dengan jumlah yang cukup saat berbuka hingga sahur. Dengan asumsi 1 gelas berisi 250 mL air, maka saat berbuka kamu bisa minum 2 gelas air putih. Setelah tarawih dan sebelum tidur masing-masing 2 gelas. Dan saat sahur minimal 2 gelas. Proses ini berguna untuk menstabilkan volume cairan dalam tubuh, sehingga tekanan darah juga menjadi normal.

  1. Makan makanan yang bernutrisi lengkap

Saat berbuka dan sahur, tidak perlu makan dengan jumlah yang besar. Yang terbaik adalah dengan nutrisi yang lengkap. Sebisa mungkin sediakan makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, mineral, lemak, dan vitamin dalam satu porsi sekaligus atau berkala selama masa magrib hingga subuh.

  1. Kurangi konsumsi karbohidrat berlebih
Baca Juga:  Intip Manfaat Lain dari Sepeda Anak untuk Tumbuh Kembang Buah Hati Anda

Nasi putih hangat memang sangat menggoda saat berbuka. Namun kamu harus mulai mencoba untuk menguranginya. Perbanyak konsumsi makanan lain seperti daging-dagingan, telur, dan camilan dari kacang-kacangan saat malam hari. Prinsip makan seperti ini sangat membantu menstabilkan tekanan darah, meski kamu sedang berpuasa.

 

Makanan yang Dianjurkan bagi Penderita Hipotensi

Saat sahur dan berbuka, tentu kamu juga bisa memilih menu makanan yang dianjurkan dan memiliki kandungan banyak vitamin B12, Vitamin A, zat besi, asam folat, dan mineral lain. Berikut beberapa menu yang dapat kamu konsumsi saat tiba waktu buka dan sahur:

  1. Daging merah

Kamu bisa menyajikan olahan daging sapi atau kambing seperti sate, daging panggang, tumisan, atau menu lain yang berbahan utama daging. Daging merah kaya akan vitamin B12 yang berguna untuk produksi sel darah merah, dan mengatasi gejala anemia. Mengonsumsinya dengan jadwal yang baik dapat mengatasi hipotensi secara sempurna.

  1. Telur

Meski tergolong makanan murah dan sederhana, telur dapat membantu untuk mengatasi tekanan darah rendah. Dengan kandungan protein dan kalsium yang tinggi, olahan telur cukup baik dimanfaatkan saat berbuka. Selain itu, pengolahannya yang sangat sederhana dan cepat, akan sangat berguna bagi kamu yang sering kesiangan saat bangun sahur. Jadi, pastikan untuk selalu ada cadangan telur di rumah ya!

  1. Hati ayam

Selain karena rasanya yang nikmat, hati ayam juga mengandung banyak asam folat. Nutrisis dari hati ayam baik untuk bayi dan penderita darah rendah. Oleh sebab itu, berbuka atau sahur dengan hati ayam adalah salah satu opsi yang direkomendasikan untuk penderita hipotensi

  1. Kacang-kacangan

Menu ini dapat disajikan sebagai makanan ringan saat berbuka atau malam hari sebelum tidur sambil menikmati waktu bersantai. Namun jangan menyepelekan kandungan dari kacang-kacangan seperti kacang almond atau mete. Dengan tingginya kalium, kalsium, magnesium, dan zinc, kacang-kacangan sangat berguna untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga:  Ragam Jenis Gear Sepeda Yang Ada Dipasaran

 

Makanan yang Dilarang bagi Penderita Hipotensi

Setelah mengetahui pola dan menu makanan yang baik, kamu juga harus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu gejala hipotensi. Meski memikat, sebisa mungkin untuk menghindari beberapa makanan seperti:

  • Gorengan
  • Makanan pedas
  • Makanan cepat saji
  • Makanan dengan tinggi karbohidrat

 

Itulah beberapa makanan untuk tekanan darah rendah, mulai dari prinsip, menu, dan yang harus dihindari agar puasamu tetap aman dan nyaman.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More