Home Hobbies Ragam Manfaat Bersepeda, Mulai dari Kesehatan hingga Gairah Seks

Ragam Manfaat Bersepeda, Mulai dari Kesehatan hingga Gairah Seks

by Caswitin
manfaat bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menyenangkan. Anda dapat melakukannya di pagi ataupun sore hari. Model sepeda kini juga sudah beragam. Mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa. Untuk sendirian ataupun bersama keluarga. Aktivitas bersepeda akan semakin menyenangkan apabila dilakukan sambal mendengarkan lagu atau podcast. Tidak hanya menyegarkan mata sebab melihat berbagai pemandangan, kegiatan bersepeda juga memiliki banyak manfaat lain, lho! Yuk simak ragam manfaat bersepeda berikut ini.

1.  Meringankan Stres

Bagi sebagian orang rasa lelah akibat terlalu lama bekerja dapat memicu stress. Tentu akan sangat tidak nyaman apabila hal ini berlangsung secara terus menerus. Salah satu cara yang dapat mengurangi stress adalah dengan bersepeda. Kegiatan bersepeda dapat anda lakukan pada hari libur atau pagi hari sebelum memulai aktivitas. Manfaat bersepeda ini dapat memacu otak untuk mengeluarkan hormone endorfin yang dapat menimbulkan rasa nyaman serta mengurangi rasa sakit.

2. Memperkuat Otot

Ketika anda bersepeda, hampir semua otot terlibat aktif. Maka, jika hal ini dilakukan secara rutin, dapat memperkuat otot anda. Dan tubuh menjadi lebih bugar.

3. Memiliki Tulang yang Sehat

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mencegah anda mengalami patah tulang saat terjatuh. Bersepeda dapat menjadi latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis. Sebab penelitian telah membuktikan bahwa ketika pasien penderita osteoporosis rutin bersepeda, dapat mengurangi nyeri lutut serta osteoporosis semakin membaik.

4. Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Badan Tetap Ideal

Saat anda bersepeda secara rutin, kinerja kardiovaskular akan semakin optimal. Hal ini menyebabkan meningkatnya metabolisme tubuh serta pembakaran kalori. Dengan bersepeda dan mengkonsumsi makanan sehat, dapat menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap ideal. Wah, menarik bukan?

Baca Juga:  Panduan Membeli Sepeda gunung Untuk Pemula

5. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan serta gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah dengan bersepeda. Apabila dilakukan rutin lebih dari 30 menit perhari, manfaat bersepeda yang satu ini dapat mengurangi resiko terkena diabetes.

6. Merawat Sendi

Manfaat bersepeda yang satu ini diperoleh dari pergerakan yang baik pada persendian, serta akan membuatnya lebih fleksibel. Sebab, saat bersepeda, siku, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang otomatis bekerja.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda secara teratur dapat terhindar dari resiko kanker usus, payudara, paru, serta kolorektal. Sebab dengan bersepeda, tubuh akan senantiasa bugar. Bagaimana? Masih ragu ingin bersepeda?

8. Menjaga Paru-Paru Tetap Sehat

Ketika bersepeda, anda akan lebih sedikit terkena asap berbahaya dibanding menggunakan kendaraan bermotor. Sebuah penelitian membuktikan dengan memasang detektor polusi udara pada pengemudi, pejalan kaki, pengguna bus serta pengendara sepeda. Hasilnya cukup mengejutkan. Pengemudi terkena polusi lima kali lebih tinggi dibanding pengendara sepeda, dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus, dan tiga setengah kali lebih banyak dari pejalan kaki.

9. Mengatasi Insomnia

Manfaat olahraga bersepeda selanjutnya adalah mengatasi insomnia. Bagi anda penderita insomnia, cobalah untuk bersepeda selama 20-30 menit setiap harinya. Dengan begitu, ketika malam hari anda akan menjadi lebih mudah terlelap dibanding biasanya. Sementara itu manfaat bersepeda di pagi hari juga dapat memperbaiki kondisi biologis dan menyingkirkan hormone kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

10. Meningkatkan Kemampuan Seks

Manfaat bersepeda yang satu ini memang tidak banyak yang tahu. Seks tidak hanya sekedar kebutuhan biologis, akan tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, penelitian menunjukkan dengan berhubungan seks dapat memperpanjang umur. Dengan bersepeda, dapat merangsang kerja beberapa otot. Keseluruhan otot yang bekerja saat bersepeda ternyata juga digunakan selama melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, kegiatan bersepeda yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kerja otot sehingga menghasilkan hubungan seksual yang lebih tahan lama.

Baca Juga:  10 Sepeda Downhill Terbaik

Itulah tadi beragam manfaat yang akan anda dapatkan apabila rutin bersepeda. Tidak hanya membantu mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan, anda juga akan memiliki otot yang kuat serta tubuh yang bugar. Yuk, bersepeda!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More