Home Blog 4 Jenis Sepeda Gunung yang Populer

4 Jenis Sepeda Gunung yang Populer

by Erin Nuzulia
sepeda gunung

 

Melakukan petualangan dengan menggunakan sepeda adalah hal yang menyenangkan. Namun, melakukan aktivitas bersepeda rasanya kurang cocok dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta yang banyak sekali kendaraan bermotor dan kurang ramah bagi para pesepeda. Oleh sebab itu, bersepeda baiknya dilakukan di alam terbuka atau saat car free day tiba. Sepeda untuk mengakomodasi aktivitas tersebut ada baiknya menggunakan sepeda gunung. Sepeda gunung mampu melintasi jalanan yang rumit sekalipun.

sepeda gunung

Sepeda gunung ternyata memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis sepeda gunung ini di desain untuk dapat menempuh medan jalan yang beragam, misalnya saja medan jalan berbatu, berpasir, terjal hingga landai. Untuk lebih mengenal jenis sepeda gunung, jangan lewatkan informasi berikut.

 

  1. All Mountain Bike

Dikenal juga dengan sebutan trail bike. Sepeda gunung jenis ini bisa digunakan untuk menaklukkan medan-medan jalanan yang begitu berat. Jadi selain menggunakan sepeda ini di jalanan perbukitan, medan jalanan di hutan yang terkenal dengan batu-batu dan tanah tidak merata bisa ditaklukkan dengan sepeda trail bike ini.

Karena kemampuannya yang begitu hebat, desain trail bike akan terlihat berbeda dengan jenis sepeda yang lain. Agar lebih stabil ketika melintasi medan yang berat, bagian depan sepeda ini memiliki suspensi hingga 15 cm. Selain itu body trail bike di desain dengan ciri khas body yang besar.

 

  1. Freeride

Sepeda gunung tipe ini sangat banyak diminati oleh orang-orang yang memiliki hobi melakukan freestyle. Sesuai dengan tujuan diciptakan sepeda jenis ini adalah untuk memudahkan pengendara melakukan drop op ketika berada di kecepatan yang tinggi. Sehingga, sepeda gunung jenis freeride akan mendukung kelincahan saat melakukan freestyle. Bobot sepeda ini tergolong berat, yaitu sekitar 16 hingga 20 kg, jadi untuk menunjang aktivitas freestyle, sebaiknya dilakukan di medan yang tepat.

Baca Juga:  Berbagai Jenis Sepeda Gunung yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Hal lain yang menjadi fakta dari sepeda freeride adalah sepeda ini ternyata merupakan perpaduan antara sepeda cross country dan sepeda downhill.

sepeda gunung

  1. Downhill

Sesuai dengan namanya, sepeda ini sangat cocok digunakan untuk melakukan aktivitas di medan perbukitan. Sepeda ini memang dirancang khusus untuk bisa menaklukkan area pegunungan dan perbukitan. Desain sepeda downhill akan menitikberatkan pada suspensi di bagian belakang, sehingga akan mampu menahan goncangan dan bentukan ketika sedang berada di kecepatan yang tinggi. Bahkan, ketika sedang dalam kondisi kecepatan maksimum, sepeda downhill akan tetap bisa melaju di tikungan dengan stabil.

 

  1. Cross Country

Sepeda cross country adalah jenis sepeda gunung yang hanya bisa melintasi medan yang minim rintangan. Sehingga ada baiknya tidak menggunakan sepeda cross country untuk melakukan freestyle atau downhill. Sepeda gunung jenis ini akan tetap stabil jika dibawa di jalanan beraspal karena tarikannya tidak akan terasa berat. Sepeda ini cenderung lebih mudah digunakan karena bobotnya yang ringan yakni antara 9-14 kg saja. Selain itu perawatan sepeda cross country cenderung lebih mudah dan penggunaan bisa tahan hingga waktu yang lama.

 

 

Harga sepeda gunung akan berbeda sesuai dengan jenis dan merk. Merk sepeda gunung yang paling dikenal hingga saat ini di Indonesia adalah Polygon. Namun ada juga merk lain yang menjadi saingan Polygon yang tidak kalah terkenalnya, yakni United dan Pacific. Ketiga produsen sepeda tersebut hingga saat ini masih terus berinovasi mengeluarkan sepeda-sepeda yang sesuai dengan medan dan rintangan yang ada.

 

Itulah dia jenis-jenis sepeda gunung yang bisa kamu jadikan referensi ketika memilih sepeda gunung. Sesuaikan sepeda gunung dengan aktivitas yang akan kamu lakukan.

Baca Juga:  Tips Memilih Sepeda MTB, Buat Yang Hobi Bersepeda Gunung

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More