Mengenal Lebih dalam Tentang Museum Sepeda Roeselare

Mengenal Lebih dalam Tentang Museum Sepeda Roeselare

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang murah meriah dan menyehatkan. Jika di Indonesia justru banyak yang menggunakan sepeda motor, di Eropa seperti di Finlandia, banyak yang menggunakan sepeda dan bahkan sepeda menjadi alat transportasi utama. Di Belgia, misalnya, sepeda menjadi lebih dari sekedar alat transportasi dan alat untuk berolahraga bahkan lebih dari itu. Di Belgia, tepatnya di bagian Roeselare yang ada di Gereja Bapa, Delaerestraat 33 terdapat museum sepeda dimana Anda bisa melihat beragam jenis sepeda dan seni yang lainnya.

Mengenal Lebih dalam Tentang Museum Sepeda Roeselare

Di Museum Roeselare ini, Anda akan melihat hubungan antara agama, khususnya Katolik dan juga sepeda. Di museum ini Anda juga akan melihat beragam jenis karya seni dan juga artefak sehingga tidak hanya cocok untuk Anda yang suka bersepeda namun juga sejarah dan juga seni. Namun, jenis artefak yang ditampilkan di museum ini berbeda dengan artefak yang ada di museum pada umumnya karena Anda akan mendapati artefak yang menggambarkan mengenai olahraga sepeda termasuk jenis sepeda Bianchi yang dipergunakan oleh Fausto Coppi dan juga sarung tangan yang dimiliki oleh Schleck Bersaudara.

Saat Anda mengunjungi museum sepeda yang ada di Belgia ini, Anda akan terasa seperti terbawa ke beberapa waktu silam karena banyaknya artefak dan beragam benda yang berkaitan tentang olahraga sepeda. Mulai dari poster, piala kemenangan dari para juara, sepeda legenda baik yang pernah digunakan di masa lalu ataupun di masa sekarang hingga jersey yang dipergunakan.

Akan ada 10 lemari display yang ada di bagian dinding luar dari bangunan dimana Anda bisa melihat beragam jenis barang yang disimpan di tempat ini. Salah satu tempat yang mendapatkan perhatian khusus dari pecinta sepeda adalah Stasiun nomor 9 (sinner) yang berada di bagian ruang pengakuan. Di tempat yang tepatnya di bagian luar dari area yang memiliki ukiran hiasan ini, Anda akan bisa menemukan jersey berwarna hitam yang dipergunakan oleh Lance Amrstrong. Selain jersey, Anda juga akan bisa mendengarkan menit pembukaan yang pernah dilakukan Amstrong saat di wawancara oleh Oprah Winfrey.

Baca juga: Museum Sepeda Terunik yang Wajib Anda Kunjungi

Selain jersey, pada museum sepeda Roeselare di Belgia ini, Anda juga bisa melihat film dokumentasi Tour Flanders. Film ini menampilkan kecelakaan yang melibatkan Johan Museeuw, sang Flandrien. Konon kala Flanderien pensiun, ia menyerahkan rosario miliknya ke Tom Booonen yang dianggap sebagai penerus alaminya, sehingga saat ia terlibat dalam 2 kecelakaan yang berpotensi bisa mengakhiri karirnya, ia terlihat tidak mengenakan rosario saat insiden berlangsung. Beberapa hal lainnnya yang akan Anda lihat di museum di Belgia ini adalah:

  • Momen yang memperingati mendiang Frank Vandenbroucke, Andrei Kivilev dan Wouter Weylandt.
  • Trofi juara Liege-Bastogne-Liege 1999 yang diserahkan sendiri oleh keluarga dari Vandenbroucke.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *