Simak 4 Tips Ini Agar BMX Kesayangan Tak Mudah Rusak

Simak 4 Tips Ini Agar BMX Kesayangan Tak Mudah Rusak

Menikmati kegiatan bersepeda dengan gaya freestyle membuat Anda akrab dengan sepeda jenis BMX yang ternyata juga butuh dirawat dengan seksama. Sepeda jenis ini ternyata juga mudah rusak bahkan paling sering terkena penyakit korosi atau berkarat, terutama jika si pemilik tak paham cara merawatnya. Jadi sepeda satu ini yang sering dipakai beraksi dengan gaya bebas di arena atraksi memakai sepeda menuntut pemiliknya untuk rajin memberikan service, ganti oli rantai, dan juga memperhatikan kebersihannya.

Simak 4 Tips Ini Agar BMX Kesayangan Tak Mudah Rusak

Supaya perawatan yang dilakukan memang tepat dan menjadikan sepeda ini lebih awet, maka kenali beberapa perawatan wajib berikut ini:

  • Jangan pernah mencuci sepeda ini,

Berbeda dengan jenis sepeda pada umumnya, jenis ini ternyata dilarang untuk dicuci. Kenapa? Alasan utamanya adalah karena banyak komponen di dalam sepeda jenis ini yang akan berkarat manakala bersentuhan dengan air. Mencucinya justru membuat kerangka dan komponen lain mudah keropos, ketika terkena cipratan air maka wajib segera dilap sampai kering. Melalui cara ini Anda bisa menjadikannya awet dan jika kotor cukup dilap saja jangan malah disiram dengan air.

  • Merawat baik-baik sparepart yang rawan rusak,

Di dalam bagian sepeda jenis ini ternyata juga dikenal ada beberapa komponen yang rawan rusak atau error. Beberapa terbilang mudah aus sehingga lebih sering diganti dibandingkan dengan sparepart lainnya. Supaya sepeda BMX kesayangan tak gampang rusak maka penting untuk memberi perhatian lebih pada sparepart ringkih ini. Contohnya adalah headset, as, steam, rantai, head tub, ataupun rear hub. Beberapa yang rawan rusak akan terlindungi dengan rutin memberi pelumas namun pastikan kualitasnya baik jangan yang warnanya sudah menghitam.

Baca juga: Ini Dia Ciri-ciri Sepeda BMX Terbaik yang Penting untuk Anda Ketahui

  • Rutin mengecek ruji velg,

Sepeda satu ini dipakai untuk beraksi dengan gaya bebas, sehingga kadang diajak melompat, menerjang rintangan, mengerem mendadak, dan sebagainya. Salah satu komponen yang wajib dicek rutin baik setelah maupun sesudah beraksi adalah ruji velg yang jumlahnya ada beberapa. Dijamin akan mudah kendur ketika selesai digunakan atau hendak digunakan maka wajib diperiksa dulu dan dikencangkan dulu sebelum dipakai. Sebab membiarkan ruji ini dalam posisi longgar justru membahayakan keselamatan Anda saat beraksi.

  • Tepat waktu mengganti piringan rantai,

Piringan rantai atau sprocket biasanya akan mudah aus, sebab menjadi komponen yang bergerak secara terus-menerus ketika sepeda ini dikayuh. Usahakan diganti secara berkala maka perlu dicek rutin untuk mengetahui jadwal penggantian yang tepat. Jangan sampai menunggu piringan ini menjadi bergerigi atau runcing di beberapa bagian baru diganti karena dijamin kinerjanya akan mengalami penurunan. Padahal dalam gaya bebas dibutuhkan sepeda yang kondisinya prima dan sparepartnya maksimal, jadi jangan ragu mengganti part ini secara rutin supaya BMX Anda awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *