Perhatikan Tips Berikut Sebelum Memilih Ban Sepeda

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Memilih Ban Sepeda

Keyword : ban sepeda

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Memilih Ban Sepeda

Ban sepeda merupakan salah satu komponen sepeda yang tidak bisa asal-asalan dalam memilihnya. Apalagi saat ini ada banyak sekali modal ban sepeda yang berbeda-beda fungsi setiap jenisnya. Oleh karena itu kita tidak bisa memilih ban secara asal-asalan karena kita akan sesuaikan dengan jenis medan yang akan kita tempuh.

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Memilih Ban Sepeda

Jika kita sampai salah dalam memilih ban, maka akan mengakibatkan selama bersepda kita merasa kurang nyaman. Resiko terburuknya adalah kita akan terjatuh jika pilihan ban kita tidak sesuai dengan medan yang akan kita tempuh. Untuk itu ada beberapa tips memilih ban sepeda yang bisa kita terapkan agar tetap nyaman dan aman selama bersepda.

Tips Memilih Ban Sepeda

  • Ukuran Ban

Tahap pertama untuk tips memilih ban untuk sepeda kita akan tentukan terlebih dahulu ukuran ban tersebut. Setiap jenis sepeda memiliki jenis ban yang berbeda-beda. Jika sepeda kita adalah sepeda gunung maka ukuran biasanya yang dipakai adalah 26 inchi. Kita juga bisa memilih ban dengan ukuran sekitar 29 inchi. Tentunya kembali lagi kita tentukan ban tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu kita juga harus menentukan seberapa lebar tapak ban tersebut. Untuk kegiatan bersepeda all mountain sering menggunakan tapak ban dengan ukuran 1.8 inchi sampai ukuran 2.5 inchi. Nah, sedangkan untuk downhill kita bisa memilih ukuran tapak ban berkisar 2.5 sampai 3 inchi.

  • Permukaan Ban

Selain menentukan ukuran ban, kita juga harus bisa menentukan jenis permukaan apa yang tepat untuk sepeda kita. Karena setiap medan memiliki jenis permukaan ban yang berbeda-beda. Jika kita lebih sering bersepda di jalan yang beraspal maka pilihan yang tepat adalah model permukaan tipe slick. Model ini memiliki permukaan yang cenderung halus dan cocok untuk medan aspal yang juga halus. Dengan ini maka akan membuat sepeda kita semakin mudah untuk kita kayuh. Jika kita akan bersepeda di medan yang sedikit terjal maka bisa memilih tipe semi-slick. Pastinya semua jenis ban tersebut bisa kita sesuaikan dengan jenis medan yang akan kita hadapi.

  • Daya Tahan

Saat bersepeda kita tidak akan tahu apa saja yang mungkin menjadi penghalang selama perjalanan. Kita bisa saja bertemu dengan medan yang memiliki batu-batu tajam atau lainnya. Untuk itu sebelum memilih sebuah ban sepeda, usahakan untuk mengetahui bagaimana daya tahannya. Karena ban sangat dipengaruhi oleh banyak hal seperti jarak tempuh yang sangat jauh dan juga berbagai benda tajam di jalanan.Sehingga pilihlah ban dengan daya tahan yang cukup baik untuk menghindari berbagai kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
  • Berat

Nah tips yang terakhir adalah berat ban sepeda. Pemilihan berat ban yang ringan sangat diperlukan pada sepeda-sepeda balap. Dengan berat yang ringan maka para pembalap sepeda bisa memacu sepeda mereka dengan kecepatan maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *