Rekomendasi Ban Sepeda Gunung Terbaik dan Tips Tepat Memilihnya

Rekomendasi Ban Sepeda Gunung Terbaik dan Tips Tepat Memilihnya

Sepeda memiliki beberapa komponen yang memacu fungsi sepeda yang lebih bermanfaat. Terutama bagian sepeda gunung yang perlu diketahui seperti frame, stang, tempat duduk, dan ban sepeda. Ban ini sangat berpengaruh pada terhadap daya kecepatan sepeda saat dikayuh terutama digunakan dalam jalanan yang berbatu dan tidak rata. Cengkraman ban akan membantu pengguna sepeda dalam menaiki, menuruni dan melewati berbagai rintangan saat sedang menggunakan sepeda gunung.

 Rekomendasi Ban Sepeda Gunung Terbaik dan Tips Tepat Memilihnya

Berikut adalah beberapa tips memilih ban untuk sepeda gunung diantaranya: 

  • Sesuaikan dengan situasi, tentukan ban berdasarkan medan yang akan dilalui, utamakan performa kebutuhan ban dengan lapisan Kevlar yang kuat dan ringan untuk mengurangi bobot sepeda. Jika digunakan untuk medan permukaan tanah lembut gunakan ban cenderung tipis 2 inchi atau dibawahnya dan untuk medan berbatu dengan ban lebar 2,2 inchi.
  • Perhatikan alur ban, sesuaikan dengan gaya dan jenis MTB, semakin banyak alur akan semakin kuat daya cengkram ban, bisa memilih ban basah untuk memudahkan perolehan kecepatan dan ban semi basah digunakan untuk perbukitan dengan kota karena mendapatkan atraksi yang lebih baik.
  • Cek kondisi tonjolan ban, alur menonjol untuk trek off road, jenis ban terdapat dalam berbagai tipe, pilihlah tonjolan kecil jika berencana untuk balapan atau tonjolan tinggi saat bersepeda, ban lebar dengan tonjolan lebar trek lembut dan pilih tonjolan jarang.

Selain itu, tips memilih ban sepeda lainnya sesuai dengan berat pengguna untuk menyangga berat badan pengguna. Jika pengendara gemuk lebih baik menggunakan jenis ban yang menggunakan ban dalam. Untuk pengguna badan kecil sebaiknya menggunakan ban tubeless untuk bersepeda santai karena digunakan kurang dari 10kg yang menghasilkan atraksi lebih baik untuk permukaan tidak rata. 

Berikut adalah rekomendasi ban untuk sepeda gunung diantaranya: 

  • Ban Maxxis Larsen TT, terbuat dari karet dengan sisi dari kawat baja dan Kevlar, sangat nyaman digunakan medan aspal karena cengkeramannya kuat dan cukup ringan. Dengan ukuran 26×1,90.1,95,2.00 cocok untuk jalanan sudut kota maupun area perumahan saja.
  • Veetireco XCV 26, untuk cross country dengan ukuran lebar 2.10 digunakan untuk jarak yang jauh. Menggunakan Casing Option 185tpi, Dual Compound dan Kevlar Folding Bead Technology yang nyaman ingin bersepeda dengan jarak jauh dan membuat laju menjadi tepat.
Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Ban sepeda lainnya yang dapat dipilih adalah Maxxis Xenith dengan bahan Kevlar dan tebal serta foldable dilengkapi dengan kembang yang click dan compound soft. Ban ini tidak mudah kehilangan kendali ketikan medan yang basah maupun cuaca panas sehingga dapat digunakan baik dalam keadaan aspal dan jalanan halus. Kendal Small Block dengan bobot yang cukup ringan serta lancar termasuk pemasok Polygon UR Team.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *