Perhatikan Tips Berikut Agar Kayuhan Saat Balap Sepeda Lebih Maksimal

Perhatikan Tips Berikut Agar Kayuhan Saat Balap Sepeda Lebih Maksimal

Olahraga sepeda memang saat ini cukup digemari banyak orang. Bahkan ada juga kejuaraan balap sepeda yang bisa dibilang cukup bergengsi dan menarik. Memang saat ini banyak pabrikan sepeda yang mulai merancang berbagai sepeda yang bisa digunakan untuk balapan. Sepeda-sepeda dirancang secara khusus agar dapat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi dan dengan daya beban seringan mungkin serta tetap stabil saat kecepatan tinggi.

Perhatikan Tips Berikut Agar Kayuhan Saat Balap Sepeda Lebih Maksimal

Memang sepeda merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kayuhan kita menjadi lebih maksimal saat balapan. Namun perlu kita ketahui bahwa selain sepeda kita juga harus mengetahui beberapa cara agar kayuhan bisa maksimal. Sehingga walaupun sepeda kita tidak terlalu mahal, tapi bisa memaksimalkan kayuhannya.

Tips Memaksimalkan Kayuhan Saat Balap Sepeda

  1. Tinggi Sadel

Hal pertama yang kita harus lakukan agar setiap kayuhan sepeda lebih maksimal adalah tingkat ketinggian sadel. Tips ini bisa kita lakukan dengan cara duduk terlebih dahulu di atas sadel dan letakkan kaki pada pedal. Usahakan posisi kaki saat bertumpu pada pedal menekuk sekitar 25 derajat. Jika tekukkan kaki kurang dari itu, maka kayuan sepeda kita tidak akan bisa maksimal. Karena kaki kita akan cederung lurus dan tidak menekuk.

  1. Posisi Lutut

Mungkin saat kita mengayuh sepeda tidak terlalu memperhatikan bagaimana posisi lutut yang baik dan benar. Kita bisa menentukan posisi lutut yang baik dengan cara menahan pedal sepeda saat posisi horizontal. Kemudian luruskan ke bagian tengah sendi lutut, jika lutut tersebut ada di depan poros sepeda, maka akan membuat lutut keluar dari bentuk yang sempurna saat kita mengayuhnya.

  1. Posisi Tangan

Nah, tips selanjutnya adalah kita bisa memposisikan handlebar pada bawah ketinggian sadel. Dengan cara ini maka kayuhan sepeda kita bisa menjadi lebih maksimal. Tapi yang perlu kita perhatikan adalah jangan terlalu meletakkan handlebar ke bawah. Jika terlalu bawah maka akan menyebabkan nyeri pada daerah punggung bawah dan juga pada bahu. Jika kita bisa memposisikan handlebar secara pas maka akan membuat sikut ita menekuk dengan sempurna.

  1. Posisi Telapak Kaki

Untuk bisa memaksimalkan kayuhan saat balap sepeda, kita juga harus bisa memposisikan telapak kaki dengan baik dan pas. Ujung telapak kaki kita usahakan berada pada bagian atas kumparan sepeda. Dengan cara ini maka akan bisa menghasilkan kayuhan sepeda yang sangat maksimal dan juga dapat meminimalisir resiko cedera yang bisa datang. Jika posisi kita tidak pas akan membuat kayuhan terkesan dipaksakan dan membuat tidak maksimal.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
  1. Ukuran Rangka

Seperti yang kita tahu bahwa kita bisa memulai balapan dengan sepeda yang tidak begitu mahal asal tahu bagaimana tipsnya. Tapi kita juga harus memperhatikan sepeda balap kita agar dapat semakin maksimal. Sebelum menentukan mana sepeda yang akan kita pilih untuk balap sepeda, maka perhatikan terlebih dahulu ukuran rangka sepeda tersebut. Usahakan ukuran rangka tersebut pas dengan tinggi tubuh kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *