Tips Meningkatkan Kemampuan Balap Sepeda dan Rekomendasi Sepeda Balap

Tips Meningkatkan Kemampuan Balap Sepeda dan Rekomendasi Sepeda Balap

Sepeda menjadi salah satu transportasi konvensional dan ramah lingkungan. Sudah banyak yang menggunakannya untuk mengurangi kemacetan. Saat ini sepeda tidak hanya menjadi olahraga semata tetapi juga menjadi ajang balap sepeda. Untuk menjadi seorang pembalap maka dasarnya tentu mampu bersepeda lalu mampu bersepeda dengan kecepatan yang telah dilakukan dalam lintasan sepeda dan tentu dilengkapi dengan beberapa peralatan pembalapnya.

 Tips Meningkatkan Kemampuan Balap Sepeda dan Rekomendasi Sepeda Balap

Berikut adalah tips meningkatkan kemampuan sprint diantaranya: 

  • Hill sprint: berlatih di tanjakan dengan tujuan untuk melatih melawan Gradien, latih kemampuan 20-40 detik dan terus meningkat, latihan idealnya dilakukan dalam gigi yang besar. Tentukan lokasi turunan dan tanjakan yang cepat dan latih dengan kecepatan yang meningkat serta tingkat kemampuan rolling yang panjang.
  • Jumps sprint: dengan kecepatan 10 detik, dengan sprint awal kecepatan normal, lanjut dengan pemulihan lalu 10 detik dengan kecepatan lebih tinggi, lakukan berulang dua maupun tiga kali dengan total sprint 5 menit dan recovery 5 menit.
  • Go long: dengan trek lebih panjang dan interval lebih lama, dapat menggunakan tiang listrik sepanjang jalan sebagai patokan interval sprint dan recovery, usahakan kecepatan terus naik dan ketika menurun hentikan sepeda istirahat sejenak.
  • Play racing: pastikan melatih dengan kecepatan yang sudah diatur dengan performa sprint tider, dimulai dengan 30mph dan atur strategi interval pemulihan untuk sprint selanjutnya.

Setelah mengetahui tips kemampuan dalam balap sepeda maka perlu diketahui tips memilih sepeda balap. Mulailah untuk memilih tipe sesuai dengan kebutuhan, lalu perhatikan frame dan komponen penyusunnya biasanya sepeda balap menggunakan komponen-komponen bawaan. Perhatikan harga sepeda, pengeluaran untuk lampu, pedal, helm dan lainnya dan jangan lupa mencoba sepeda tersebut sebelum membelinya. 

Berikut adalah rekomendasi sepeda balap diantaranya: 

  • London Taxi Road Bike 700 C, dengan desain yang klasik, cock digunakan untuk sepeda di jalan yang datar dan keperluan sepeda santai.
  • Element Road Bike FRC 51, dengan frame alloy yang ringan tetapi kuat, jumlah speed 14, cukup untuk sepeda santai jalanan rata agak menanjak, desain sporty dan road bike.
  • United Road Bike Inertia 2.00, dengan lampu roda depan dan belakang, jumlah speed 16 dengan komponen Shimano Claris, desain stylish dan unik.
  • Polygon Road Bike Strattos S2, dengan speed 16 drive train Shimano Claris untuk sepeda balap yang menuntut kecepatan dan bobotnya hanya 10,72kg.
 Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Untuk balap sepeda juga dibutuhkan sepeda United Road Bike Inertia 3.00 dengan Shimano SORA, untuk medan yang sulit dan speed sampai 18. United Touring Rockford dapat mengurangi resiko ambles saat melewati jalanan yang berlumpur dan menawarkan speed 14. Element Road Bike FRC 85 dengan ukuran bagian frame bawahnya besar mampu bersepeda di tengah hujan.

Bagaimana informasinya cukup membantu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *