Cara Mengajari Anak Belajar Sepeda dan Menilik Beberapa Model Sepeda Anak

Cara Mengajari Anak Belajar Sepeda dan Menilik Beberapa Model Sepeda Anak

Sepeda tidak hanya saja digunakan oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Anak-anak yang belajar sepeda akan mudah menyeimbangkan tubuh dalam mengendarai kendaraan. Biasanya anak yang belajar dari kecil tentang sepeda maka akan mudah belajar mengendarai motor lalu mobil. Latihan yang dilakukan sebaiknya tidak jauh dari pengawasan orangtua supaya anak tidak mengalami cedera dan sebaiknya memilih tempat yang ada di rumah dengan luas yang cukup lebar dan lapang.

Cara Mengajari Anak Belajar Sepeda dan Menilik Beberapa Model Sepeda Anak

Berikut adalah beberapa cara mengajari anak belajar tentang sepeda diantaranya:

  • Kenalkan sepeda roda empat atau tiga, pastikan memotivasi anak berlatih mengayuh dan Kenalkan sepeda roda tiga atau empat untuk membantu sensasi bersepeda dan perlahan tertarik mengayuhnya sendiri.
  • Ajari anak untuk mengayuh sepeda dan juga mengerem, pastikan anak menyeimbangkan gerakan kaki dan cara menaikkan secara bergantian dalam mengayuh sepeda sehingga roda bergerak maju, lalu ajari anak mengerem untuk mampu mengendalikan laju dengan kendali rem secara tepat.
  • Pilih lokasi yang lantai dan rata, hal ini untuk memastikan anak mengendalikan sepeda terlebih dahulu, mulailah bersepeda dengan jalan masuk gang yang tidak dilalui kendaraan besar dan pastikan jalanan tidak ramai.
  • Biarkan anak belajar bersepeda roda dua, dengan melepas roda tambahan untuk mengasah anak dalam menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga anak mengayuh sepeda dengan stabil dan perlu didampingi supaya tidak terjatuh.

Setelah mengetahui cara belajar sepeda anak maka perlu diketahui tips memilih sepeda anak. Pastikan sepeda digunakan ketika anak berusia 2 atau 2,5 tahun karena kaki anak kuat. Sebaiknya memilih sepeda yang tidak memiliki rem karena anak dapat menghentikan laju tiba-tiba dan membuat anak terjatuh atau terkejut. Pastikan sepeda anak ringan dan mudah dibawa kemana-mana dan sepeda dapat dilipat sehingga tidak memakan banyak tempat.

Berikut adalah model sepeda anak diantaranya:

  • RMB Sepeda Anak 12” Venice, dengan bagian depan memiliki keranjang yang memuat banyak barang, pada bagian belakang memiliki kursi tambahan yang empuk untuk penumpang dan memiliki rangka besi yang tidak mudah patah.
  • Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga, memiliki roda bagian depan dan dua roda pada bagian belakang sehingga membuat sepeda kokoh berdiri, sadel yang dilengkapi dengan sandaran dan memiliki pedal yang menempel pada bagian depan roda.
  • Thrill Pushbike Balance Kids, dengan material alloy sehingga lebih ringan dan anti karat, mampu digunakan dalam waktu 5 hingga 10 tahun.

Baca juga: Dasar Belajar Sepeda Untuk Anak Secara Aman

Selain itu, ada juga London Taxi Kick bike yang digunakan oleh anak usia 2-5 tahun dilengkapi dengan sadel dapat diatur ketinggiannya. United Aero Bike dengan bahan magnesium alloy dan desain kerangka yang stylish untuk anak laki-laki berusia 3-4 tahun. Beberapa belajar sepeda juga akan sangat berpengaruh dengan model sepeda yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *