Tips Bersepeda Jarak Jauh Bagi Para Pemula

Tips Bersepeda Jarak Jauh Bagi Para Pemula

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan pastinya menyehatkan tubuh kita. Kita bisa melakukan aktivitas bersepeda sebagai penghilang jenuh atau juga sebagai olahraga yang menguras banyak tenaga dan membuat tubuh semakin sehat. Namun jika kita terlalu lelah dan tubuh dalam kondisi yang kurang baik, bersepeda jarak jauh yang menguras tenaga malah akan membuat kita semakin terpuruk. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa tips bersepeda agar terhindar dari kondisi-kondisi yang tidak diharapkan.

Kondisi tubuh yang memburuk dan terus sakit-sakit sering terjadi pada para pesepeda pemula yang kurang mengetahui tips bersepeda. Sedangkan para pesepeda yang mahir pasti sudah memperkirakan kondisi tubuh mereka.

Tips Bersepeda Jarak Jauh Bagi Para Pemula

Tips Bersepeda Bagi Pemula

Jika kita sebagai pesepeda pemula dan memutuskan untuk bersepeda dengan jarak cukup jauh, maka akan sangat sulit untuk dilakukan jika tidak melakukan latihan rutin. Hal ini terjadi karena tubuh kita jarang sekali mengeluarkan energi dengan banyak. Sehingga energi kita akan cepat sekali habis dan tubuh menjadi lebih cepat lelah. Fungsi latihan rutin adalah melatih sistem pernafasan dan energi kita agar terbiasa dengan olahraga yag menguras tenaga.

  • Istirahat Cukup

Nah, tips bersepeda selanjutnya adalah memastikan bahwa kita sudah istirahat dengan cukup. Memang istirahat yang cukup sangat penting bukan hanya ketika kita akan bersepeda jarak jauh saja, tapi juga ketika kita beraktivitas sehari-hari. Jika memang dalam kondisi kurang istirahat, usahakan tidak memaksa tubuh untuk melakukan aktivitas yang menguras banyak energi terutama bersepeda jarak jauh. Sebelum bersepeda usahakan untuk istirahat yang cukup agar tubuh kita kuat dan tidak jatuh sakit.

  • Gir Sepeda

Siapa sangka ternyata ada beberapa teknik yang bisa kita terapkan sebagai pesepeda pemula agar kuat bersepeda jarak jauh. Teknik tersebut adalah pengaturan gir pada sepeda. Mungkin seringkali kita terkesan asal-asalan dalam mengatur gigi sepeda. Jika kita akan bersepeda jarak jauh tipsnya adalah atur gir sepeda sesuai dengan kekuatan kaki kita. Usahakan jangan terlalu ringan atau juga terlalu berat. Kondisi gir yang pas dengan kekuatan kita akan membuat ritme kita saat bersepeda lebih stabil dan menghemat tenaga. Jika memang sudah merasa lelah bisa memposisikan gir agar lebih ringan.

 Baca dan simak juga artikel menarik lainnya di infosepeda.com
  • Mengayuh Sepeda dengan Stabil

Olahraga bersepeda merupakan olahraga yang mengasikkan namun juga bisa menguras banyak tenaga. Tips bersepeda selanjutnya agar bisa menempuh jarak yang cukup jauh adalah kayuh sepeda dengan stabil. Karena bersepeda jarah jauh memerlukan fisk yang cukup kuat dan tahan lama. Kita bisa menyesuaikan berapa kayuhan dengan detak jantung melalui alat heart rate monitor. Sehingga kita bisa mengendalikan berapa kayuh agar tahan lama selama perjalanan jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *