Ini Dia Tips Bersepeda Gunung dan Teknik Bersepeda Gunung yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Tips Bersepeda Gunung dan Teknik Bersepeda Gunung yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini sepeda sudah mulai banyak digemari karena sudah mulai banyak digunakan. Sepeda memiliki beberapa jenis yang dapat digunakan seperti untuk olahraga di jalanan perkotaan, saat menaiki dan menuruni gunung, untuk jalanan tidak rata dan masih banyak lagi. Salah satu yang banyak dipilih adalah sepeda gunung, banyak pemula yang mulai mencoba olahraga ekstrim ini sebagai hobi dengan mengetahui tips bersepeda dengan baik.

 Ini Dia Tips Bersepeda Gunung dan Teknik Bersepeda Gunung yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa tips belajar sepeda gunung diantaranya: 

  • Memilih sepeda merupakan aspek yang penting pertama, pastikan memilih sepeda yang pas dan tepat karena akan berpengaruh pada proses bersepeda, pilih sepeda sesuai dengan ukuran tubuh dan coba naiki terlebih dahulu sepeda tersebut, perhatikan panjang kaki dan bisa meminta rekomendasi sepeda dari petugas toko.
  • Lengkapi dengan helm sepeda, untuk melindungi kepala dari benturan saat jatuh, terutama gunung memiliki kondisi jalanan yang tidak rata dan berbatu sehingga akan menghindari kecelakaan dan luka parah jika terjatuh, pilih helm yang tidak terlalu besar dan tidak menutupi pandangan mata.
  • Lengkapi alat keselamatan lainnya, peralatan tambahan untuk tubuh seperti sarung tangan, pelindung tulang kering dan pelindung lengan. Sebaiknya membawa botol air minum di sepeda dan pastikan selalu ada di sepeda.

Tips bersepeda lainnya adalah tetap percaya diri karena akan berpengaruh pada performa dan jika terdapat trek tidak meyakinkan maka jangan dipaksakan. Jika ragu akan menghasilkan sesuatu yang tidak bagus. Konsentrasi sangat diperlukan dan biasakan diri untuk berpikir kedepan untuk mengatasi trek. Hindari tertuju pada kesulitan trek yang dijalani tetapi kondisi trek yang ada didepan supaya tidak mudah panik. Jangan terpengaruh dengan pesepeda lainnya tetapi kontur jalan yang akan dihadapi didepan. 

Berikut adalah beberapa teknik bersepeda gunung diantaranya: 

  • Menghadapi lintasan miring dan licin, dengan menentukan kecepatan sebelum memasuki lintasan ini dan saat melewati tikungan maka tetap waspada, pastikan berpusat berat tubuh pedal supaya ban lebih menggigit tanah.
  • Gunakan rem disaat yang tepat, saat melewati turunan sebaiknya menahan laju menggunakan rem depan walaupun sering menggunakan rem belakang dan saat turunan maka tempatkan satu jari pada rem depan dan dua jari rem belakang.
  • Melewati rintangan tanpa turun dari sepeda, sebaiknya mengayuh sepeda dengan perlahan dan ketika sudah mendekat pada rintangan maka sebaiknya condongkan badan ke belakang dan tarik stang supaya ban sepeda dapat mengangkat.
 Baca dan simak juga artikel menarik lainnya di infosepeda.com

 Tips bersepeda lainnya ketika menaklukkan celah maka condongkan badan ke posisi belakang, tarik stank, angkat ban depan dan lakukan secara cepat saat memasuki celah. Saat menghadapi lintasan berbatu sebaiknya menjaga kestabilan kecepatan dan persiapkan tubuh bagian atas menerima guncangan. Beberapa teknik dapat dilakukan untuk pesepeda gunung pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *