Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Sarung Tangan Sepeda

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Sarung Tangan Sepeda

Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan sepeda yang bisa kita gunakan untuk melindungi tangan dari berbagai resiko saat bersepeda. Memang kita bisa memilih untuk tidak memakai sarung tangan sepeda tapi harus juga menerima dengan resiko-resiko yang bisa terjadi kapan saja.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Sarung Tangan Sepeda

Selain itu fungsi sarung tangan ini juga lebih penting lagi yaitu untuk meredam getaran-getaran yang terjadi selama bersepeda. Getaran tersebut akan merembet dari roda ke stang tangan dan menyebabkan tangan kita terasa tidak nyaman. Dengan sarung tangan ini maka bisa meredam getaran tersebut agar tetap nyaman selama berkendara.

Cara Memilih Sarung Tangan Sepeda

  • Pilih Tertutup atau Separuh

Sarung tangan yang digunakan untuk bersepeda dibedakan menjadi beberapa model yang hampir mirip. Ada model sarung tangan yang menutupi jari kita secara penuh dan ada juga yang hanya menutupi separuh jari-jari kita. Tips ini mengharuskan kita untuk menentukan terlebih dahulu akan bersepeda di medan yang seperti apa. Jika akan bersepeda di medan yang cukup berbahaya maka dianjurkan untuk memilih sarung tangan yang menutup penuh jari-jari kita. Ini akan mengurangi resiko cedera saat terjatuh di medan yang berbahaya. Namun jika kita memilih jenis full maka akan kurang nyaman jika digunakan pada medan yang datar dan santai. Model full akan membuat tangan kita cepat terasa panas karena ventilas yang sangat terbatas. Tapi model full akan sangat membantu jika kita bersepeda pada wilayah yang cenderung memiliki hawa dingin. Sehingga kita tetap menyesuaikan kebutuhan.

  • Perhatikan Gel pada Sarung Tangan

Seperti yang kita tahu jika fungsi sarung tangan sepeda selain untuk keamanan juga untuk kenyamanan selama bersepeda. Nah untuk itu tips memilih sarung tangan selanjutnya adalah cobalah perhatikan gel pada sarung tangan. Lihat apakah ada gel-gel yang melekat pada sisi dalam sarung tangan. Gel ini berfungsi untuk meredam getaran saat bersepeda di medan yang cukup terjal. Tapi setiap biker memiliki ketahanan tangan sendiri-sendiri. Ada biker yang tahan dengan getaran medan dengan waktu yang cukup lama. Ada juga yang hanya kuat sampai beberapa menit saja menahan getaran medan tersebut. Solusinya pilih sarung tangan dengan gel pada bagian dalamnya. Namun jika kita hanya bersepeda di medan yang datar dan hanya untuk bersantai saja bisa memilih sarung tangan tanpa gel yang memiliki lapisan lebih tebal.

 Baca dan simak juga artikel menarik lainnya di infosepeda.com
  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Nah, kunci dari cara memilih sarung tangan sepeda ini adalah kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Apalagi ada banyak sekali pilihan yang bisa kita pertimbangkan sebelum membeli sarung tangan. Jika ingin mengambil aman, kita bisa membeli dua buah sarung tangan. Satu sarung tangan berjenis gel dengan model tertutup dan satu lagi jenis tanpa gel dengan model separuh menutup jari-jari.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *