Aneka Macam Helm Sepeda yang Wajib Kita Ketahui

Aneka Macam Helm Sepeda yang Wajib Kita Ketahui

Helm sepeda merupakan salah satu perlengkapan sepeda yang wajib kita miliki. Helm sendiri memiliki fungsi yang sangat penting saat kita olahraga sepeda. Helm akan melindungi kepala kita dari berbagai resiko cedera ketike bersepeda dan terjatuh. Memang yang kita cari dari helm adalah keamanannya saat bersepeda. Namun kita juga harus memperhatikan berbagai faktor lainnya.

Aneka Macam Helm Sepeda yang Wajib Kita Ketahui

Saat memakai helm kita juga harus mementingkan faktor kenyamanan di kepala dan juga kelancaran ventilasi udara. Dari masa ke masa perkembangan helm sepeda memang cukup baik. Para pendesain berusaha memberikan model terbaik bagi para pengguna. Sebenarnya ada beberapa jenis helm yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Nah, pastinya kita jangan asal membeli karena setiap helm memiliKi fungsi pada medan yang berbeda-beda

Macam-Macam Jenis Helm Sepeda

  • Aero Road

Jenis helm pertama yang perlu kita ketahui adalah jenis helm aero road. Sebenarnya jenis ini merupakan penggabungan dari dua jenis helm yang berbeda yaitu vented road dengan time trial. Nah, tujuan utama diciptakan helm ini adalah untuk memberikan kemudahakn kepada para pesepeda untuk bergerak selama bersepeda. Kelebihan helm ini memiliki bobot yang cukup ringan dan juga memiliki desain yang aerodinamis dan lebih sederhana.

  • Full Face

Jenis helm selanjutnya pasti kita sudah bisa membayangkan model helm ini. Model helm full face didesain untuk mampu memberikan perlindungan sempurna pada seluruh bagian kepala. Jenis ini sangat cocok untuk kita gunakan saat bersepeda balapan off-road yang super agresif. Karena dengan helm ini kita bisa beraksi secara bebas dengan perlindungan penuh pada kepala. Keamanan terutama ada pada bagian pipi dan dagu yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan helm biasa.

  • Kids and Youth

Sesuai dengan namanya, helm sepeda ini memang disiapkan untuk pengguna para anak-anak dan remaja. Perbedaan helm ini dengan helm pada umumnya terletak pada desain dan rancangan yang menarik serta unik. Karena dari situlah daya tarik anak-anak yang akan membuat mereka suka. Namun dari segi keamanan juga sudah sesuai standar untuk bersepeda.

  • BMX

Jika kita melihat sebuah ajang pertunjukan BMX, kita akan melihat para peserta mengenakan keamanan penuh pada tubuh mereka. Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa helm untuk ajang BMX cenderung berbeda dengan helm untuk bersepeda lainnya. Helm ini bertujuan untuk memberikan perlindungan maksimal tapi bobot yang dikurangi sebesar-besarnya demi kenyamanan saat beraksi. Ada juga helm BMX full face yang digunakan khusus untuk mengendarai di medan off-road.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Itulah beberapa jenis helm sepeda yang perlu kita ketahui. Setiap helm memiliki fungsi dan medan masing-masing. Sehingga kita jangan sampai salah membeli helm jika akan menggunakanannya untuk bersepeda. Tentukan dahulu di mana kita akan bersepda sehingga tidak kebingungan saat memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *