Pahami Aneka Jenis Sepeda Anak Sebelum Memilihnya

Pahami Aneka Jenis Sepeda Anak Sebelum Memilihnya

Bersepeda adalah kegiatan olahraga yang cukup seru dan mengasikkan. Bahkan bersepeda hampir disukai oleh semua kalangan mulai dari balita sampai orang tua. Dibandingkan dengan olahraga lainnya, memang bersepda tergolong lebih simpel dna tidak terlalu menguras tenaga. Apalagi kita juga akan terhibur dengan berbagai macam pemandangan saat bersepeda. Kita bisa mengajak anak-anak dengan membawa sepeda anak untuk mengisis waktu liburan sekaligus olahraga.

Pahami Aneka Jenis Sepeda Anak Sebelum Memilihnya

Anak-anak sendiri juga pasti sangat suka jika diajak bersepeda. Bahkan anak-anak bisa dikatakan lebih antusias untuk bersepeda dari pada orang dewasa. Karena dengan bersepeda mereka bisa menjangkau tempat-tempat yang cukup jauh dengan cara yang mengasikkan dan seru. Dengan memberikan sepeda kepada anak-anak, kita juga turut membantu perkembangan syaraf motorik halus dan kasar pada tubuh anak. Tapi jangan asal membelikan sepeda kepada anak. Karena ada sepeda-sepeda khusus untuk anak-anak yang berbeda dengan sepeda orang dewasa.

Macam – macam Sepeda Anak

Ada banyak sekali jenis sepeda yang bisa kita pilihkan untuk anak-anak kita. Sepeda-sepeda tersebut sering dibedakan berdasarkan ukurannya dan disesuaikan denan berapa umur anak kita. Sehingga akan pas dan tidak telalu besar. Berikut ini macam-macamnya :

  • Sepeda Ukuran 12″

Sepeda anak ukuran 12″ merupakan sepeda dengan ukuran paling kecil. Banyak orang tua yang membelikan sepeda ini untuk anak dengan usia 3 sampai 4 tahun. Perbedaan mencolok dari sepeda ini adalah adanya dua roda tambahan pada roda bagian belakang. Sehingga anak dengan usia 3 tahun tidak akan mudah terjatuh dan aman.

  • Sepeda Ukuran 16″  

Penggunaan sepeda anak memang setiap tahun akan selalu berkembang. Jika awalnya dari 12″ maka seiring bertambahnya usia akan mulai belajar menggunakan ukuran 16″. Sepeda dengan ukuran ini sedikit lebih besar dan berfungsi untuk melatih kemampuan kontrol anak-anak kita saat bersepeda. Kita bisa memilih sepeda ini untuk usia 4 sampai 6 tahun dengan tinggi badan 100-125 cm.

  • Sepeda Ukuran 20″

Jenis sepeda anak selanjutnya adalah ukuran 20 yang biasanya digunakan pada anak dengan tinggi badan 120-135 cm. Jenis ini lebih variatif dan memiliki 6 gigi yang bisa diubah saat digunakan.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
  • Sepeda Ukuran 24″

Nah, jenis terakhir dari sepeda khusus dipakai anak-anak adalah ukuran 24″. Jika kita lihat sekilas sepeda ukuran ini memang sedikit condong ke sepeda orang dewasa. Namun jenis ini lebih tepatnya adalah versi sepeda gunung mini orang dewasa. Biasanya sepeda ukuran 24″ digunakan oleh anak yang berusia 9 sampai 12 Tahun. Tinggi badan mereka sudah mencukupi untuk menggunakan sepeda orang dewasa yaitu sekitar 135 sampai 163 cm. Namun, salah satu alasan mengapa lebih disarankan dengan ukuran 24″ daripada ukuran dewasa, karena modelnya lebih disukai oleh anak-anak.

Bagaimana informasinya cukup membantu bukan? Saatnya sekarang miliki sepeda yang sesuai untuk anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *