Tips Memilih Sepeda Balap Terbaik yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tips Memilih Sepeda Balap Terbaik yang Tidak Boleh Terlewatkan

Jika Anda lebih memilih menggunakan sepeda dalam keseharian, pastikan sepeda Anda adalah sepeda balap yang memiliki tingkat kecepatan tinggi. Selain bisa memacu adrenalin, menggunakan sepeda balap juga membuat waktu Anda lebih efisien. Anda bisa menghemat waktu untuk sampai ke tempat tujuan dengan menggunakan sepeda jenis ini.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti sepeda biasa Anda dengan sepeda balap, ada baiknya Anda perlu memperhatikan tips-tips penting berikut ini.

Tips Memilih Sepeda Balap Terbaik yang Tidak Boleh Terlewatkan

  • Sepeda Balap Lebih Unggul Dalam Segi Kecepatan

Sesuai dengan namanya, sepeda balap hadir untuk mereka yang membutuhkan kecepatan dalam mengefisiensikan waktu. Tentunya sepeda jenis ini jauh berbeda dengan sepeda biasanya, mulai dari fitur hingga elemen sepeda jauh lebih unggul. Kecepatan yang dihasilkan berasal dari bentuk rodanya yang jauh lebih besar dan tipis jika dibandingkan sepeda pada umumnya. Selain itu, gigi belakang yang bisa mencapai kecepatan 10 speed juga mengambil andil kecepatan sepeda saat dikayuh.

  • Kenali Jenis Sepeda Balap dengan Baik

Dalam memilih sepeda balap, hal yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan persneling dan rem dari sepeda tersebut memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Ketelitian Anda sangat dibutuhkan dalam memperhatikan groupset sepeda yang akan Anda beli. Jangan lupa untuk menyesuaikan sepeda yang akan Anda beli dengan gaya bersepeda Anda. Sebaiknya pilih yang bobotnya ringan agar bisa memberikan kecepatan maksimal saat dikayuh.  Sedangkan jika Anda membutuhkan sepeda balap yang mampu menerjang angin dalam kecepatan tinggi, sebaiknya pilihlah sepeda yang memiliki desain aerodinamis.

  • Pilih Rangka Sepeda yang Kokoh Namun Ringan

Langkah selanjutnya sebelum memutuskan memilih sepeda balap adalah memastikan apakah material rangka yang ada pada sepeda pilihan Anda sudah sesuai standar. Biasanya pada sepeda balap, material dari rangkanya terbuat dari logam dan karbon. Dan sepeda berbahan karbon biasanya lebih ringan sehingga memberikan kecepatan maksimal saat digunakan. Hal penting yang perlu Anda ingat adalah material sepeda sangat berpengaruh pada performanya. Oleh karena itu gunakan sepeda berbahan karbon karena keringanannya. Meski harganya sedikit mahal dari sepeda berbahan logam, namun kualitasnya juga sepadan.

  • Pilih Sepeda Balap yang Sesuai dengan Ukuran Tubuh Anda

Ada baiknya Anda memilih sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Jika Anda bertubuh besar, sebaiknya jangan membeli sepeda yang berukuran ramping. Begitu pula dengan Anda yang bertubuh kecil agar tidak memilih sepeda dengan ukuran lebar karena akan membuat Anda sendiri merasa tidak nyaman saat digunakan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Tips untuk mengukur ukuran tubuh Anda dengan sepeda yang sesuai adalah membandingkan antara tinggi badan serta panjang dari pangkal paha ke tanah. Tak perlu khawatir jika Anda merasa bingung, karena di beberapa sepeda balap sudah tertera ukuran tubuh mana yang cocok mengendarai sepeda tersebut. Jika tak ingin repot, langsung saja coba duduk di atas jok sepeda untuk merasakan sendiri kenyamanan bersepeda Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *