Agar Tidak Salah Beli, Cermati Dulu Cara Memilih Frame Sepeda Ini

Agar Tidak Salah Beli, Cermati Dulu Cara Memilih Frame Sepeda Ini

Jika akhir-akhir ini Anda sedang berminat membeli sepeda baru atau hanya ingin mengganti frame-nya saja untuk Anda rakit sendiri, sebaiknya Anda harus memperhatikan beberapa hal penting seperti mengetahui ukuran frame yang akan Anda ganti apakah sudah sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Hal ini penting agar Anda bisa merasakan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalah memilih frame sepeda, ada baiknya jika Anda cermati beberapa tips menarik berikut ini.

Agar Tidak Salah Beli, Cermati Dulu Cara Memilih Frame Sepeda Ini

Mengenali Jenis Frame Sepeda

Sebenarnya material dasar dari frame sepeda begitu beragam. Ada yang terbuat dari besi, baja, alumunium, titanium dan karbon. Frame sepeda yang terbuat dari besi sayangnya kini mulai ditinggalkan. Selain harganya yang mahal, besi juga mudah untuk berkorosi serta bobotnya yang berat akan menyulitkan para pengendara sepeda.

Material kedua adalah baja. Meski unggul dalam kekuatan namun tidak membuat frame bermaterial baja menjadi favorit. Pasalnya baja memiliki bobot yang berat serta rentan terhadap korosi. Selanjutnya ada frame yang bermaterial alumunium.

Material yang satu ini lebih unggul dari besi dan baja jika menyangkut soal bobot. Meski ringan, namun kekuatannya alumunium tak kalah dari kedua metarial sebelumnya tersebut. Sayangnya alumunium masih memiliki kelemahan yakni mudah kaku dan presisinya yang mulai berkurang pada tahun kelima pemakaian sepeda.

Material frame sepeda yang selanjutnya adalah titanium. Titanium memiliki kepadatan dan ketahanan yang sama kuatnya dengan baja namun bobotnya jauh lebih ringan. Selain itu, titanium juga tak mudah korosi sehingga menjadi favorit di kalangan pengendara sepeda.

Terakhir ada serat karbon yang menjadi material terbaik untuk frame sepeda. Terbuat dari benang karbon yang dicampur bersama epoxy resin sehingga membuat material ini menjadi lentur serta kekuatannya bisa disesuaikan oleh kebutuhan. Selai itum serta karbon juga anti korosi serta memiliki bobot yang ringan. Belum lagi harganya yang terjangkau membuat frame bermaterial karbon ini menjadi favorit pesepeda.

Mengenali Ukuran Frame Sepeda

Jika Anda berpikir bahwa kenyamanan bersepeda berada pada kecanggihan teknologi sepeda, maka Anda salah besar. Pasalnya kunci kenyamanan bersepeda ada pada ukuran frame. Untuk mengetahui ukuran frame yang tepat dengan ukuran tubuh Anda, maka lakukan perhitungan tinggi badan serta panjang kaki. Untuk panjang kaki Anda bisa hitung dari pangkal paha sampai ujung kaki tanpa alas. Untuk memudahkan Anda dalam memilih ukuran frame, berikut ada beberapa tingkat ukuran frame sepeda.

Pertama ukuran XS dengan standar tinggi badan antara 152 sampai 160 cm. Tinggi badan kisaran itu cocok menggunakan ukuran frame yang pas adalah 49-50 cm. Kedua ada ukuran S atau kecil. Jika Anda berukuran tinggi badan antara 160 sampai 168 cm maka ukuran frame yang cocok adalah 51-53 cm.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda,net 

Selanjutnya ukuran ketiga ada M atau sedang. Dengan ukuran tinggi badan antara 168 sampai 175 cm maka ukuran frame sepeda yang pas untuk Anda adalah 54-55 cm. Ukuran frame yang keempat ada L atau besar. Jika Anda memiliki ukuran tinggi badan antara 175 sampai 183 cm maka ukuran yang tepat untuk ukuran tersebut adalah 56-58 cm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *