Cara Merawat Gear Sepeda

Cara Merawat Gear Sepeda

Gear sepeda merupakan sebagai salah satu komponen pada sepeda yang sangat penting sekali keberadaannya. Tanpa adanya gear sepeda ini maka sepeda tidak akan berjalan dengan baik. Karena komponen ini sangat vital maka gear sepeda tersebut tentunya menjadi sangat penting untuk bisa memperoleh perawatan yang maksimal supaya fungsinya tetap bisa berjalan sebagainya mestinya.

Cara Merawat Gear Sepeda

Berikut ini beberapa cara merawat gear sepeda, diantaranya yaitu:

  • Memberikan pelumas pada rantai

Langkah yang pertama yaitu dengan Anda melakukan perawatan pada rantai sepeda yaitu dengan memberikan pelumas. Anda bisa memberikan pelumas serta mengolesnya pada sepanjang rantai yang Anda miliki. Sehingga pada nantinya rantai tersebut akan dapat memberikan fungsinya dalam menjalankan sepeda dengan menjadi lebih ringan. Hal ini tentunya bisa Anda lakukan setidaknya dalam satu bulan sekali atau jikalau Anda merasa jalan sepeda sudah mulai berat dikarenakan rantainya yang kering. Meka dari itu fungsi pelumasan rantai sepeda ini tentunya sangat penting dan juga bisa bisa digunakan untuk mencegah rantai karatan sehingga ini akan dapat memperpendek masa usianya.

  • Hindari menggunakan pelumas oli bekas

Penting ini untuk Anda perhatikan yaitu dengan memilih pelumas yang tepat. Jangan kemudian Anda menggunakan pelumas bekas. Karena jika Anda menggunakan oli bekas akan dapat memberikan korosi pada rantai dan ini juga akan dapat untuk memperpendek usia pada rantai. Maka dari itu disarankan untuk Anda menggunakan pelumas yang khusus digunakan untuk pelumas sepeda. Dengan begitu maka rantai Anda akan menjadi awet dan menghindari kesalahan ketika Anda memberikan oli bekas pada rantai sepeda.

  • Membersihkan gear

Berikutnya Anda bisa merawat gear dengan rajin dalam membersihkan gear sepeda Anda. untuk cara membersihkannya juga bisa dililang sangat mudah dengan cara Anda menggeser rantai ke dalam bagian yang kecil dan kemudian Anda bisa membersihkan bagian tempat pada rantai tersebut. Bagian tersebut tentunya juga harus bersih dari debu serta pada kotoran yang sudah melekat pada tempat rantai karena ini digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, untuk bagian sprocket, chain rings nya dalam hal ini juga harus dibersihkan supaya awet digunakan.

Baca dan simak juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Nah beberapa cara diatas tentunya sebagai cara yang sangat simple dan mudah dalam merawat gear sepeda yang Anda miliki. Dengan perawatan tersebut tentunya akan membuat rantai yang Anda miliki tidak kasar dan kering, sehingga digunakan juga akan lebih mudah dan ringan saat dikayuh. Selain itu rantai sepeda juga akan lebih rentan lepas dan kemudian juga bisa rusak karena tidak memperoleh perawatan yang seharusnya. Maka dari itu jikalau Anda ingin rantai bisa menjadi tetap awet akan lebih baik untuk Anda melakukan perawatan yang secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *