Cara Merawat Frame Sepeda

Frame sepeda Merupakan sebagai salah satu bagian sepeda yang sangat penting sekali, tanpa keberadaan frame ini pastinya sepeda tidak akan lengkap. Jikalau sepeda ini tidak lengkap maka tidak bisa untuk digunakan. Meski begitu frame sepeda ini tentunya juga harus di rawat dengan baik supaya tidak cepat aus atau rusak.

Cara Merawat Frame Sepeda Cara Merawat Frame Sepeda

Frame sepeda yang bagus akan memberikan efek pada sepeda ketika di gunakan terasa nyaman, namun terkadang juga ada frame yang bengkok. Termasuk dalam hal ini salah satu hal yang riskan dan perlu sedikit perhatian lebih terutama untuk Anda yang sering melakukan bersepeda, maka dari itu merawatnya penting sekali.

Biasanya frame sepeda akan cepat rusak karena adanya karat pada frame tersebut bisa menyebabkan keropos, bengkok dan bahkan bisa patah. Nah berikut ini mengenai cara  yang tepat untuk Anda yang ingin mencegah penyakit-penyakit yang menyerang merawat frame sepeda, diantaranya:

  • Mencegah dan Menghilangkan Karat

Seperti yang kami katakana tadi bahwa karat ini cukup berbahaya untuk frame sepeda. Dalam hal ini tentunya kalian tidak perlu khawatir jikalau frame sepeda terbuat dari alumunium, karena terdapat karbon atau titanium. Namun kalau frame tersebut terbuat dari besi bisa jadi cepat berkarat terlebih kalau kita sering keringetan pada saat goes sepedaan, bisa jadi akan sering-sering ngelap sepeda ya. Endapan berupa garam yang tersembunyi meskipun itu kecih nih akan tetep dapat memperparah korosi. Maka dari itu dalam hal ini penting untuk Anda pertimbangkan soal urusan kebersihan.

  • Memperbaiki frame Sepeda yang bengkok/ melengkung

Kalau terjadi benturan bisa jadi itu menyebabkan frame sepeda kita menjadi bengkok, perawatan untuk sepeda seperti ini cukup penting Anda bisa memperbaikinya dengan membawa ke bengkel, atau jikalau Anda bisa memperbaikinya sendiri juga bisa Anda lakukan.

  • Mengecat frame yang catnya mengelupas

Jika terdapat cat yang sudah mengelupas berada diframe sepeda, maka dalam hal ini Anda bisa segera untuk menggosok dengan memakai amplas untuk menghilangkan sisa cat karena itu akan berpotensi menjadi sarang karat. Nah jika cat yang mengelupas kemudian udah bersih semua Anda tinggal bawa ke bengkel untuk dicat ulang.

Nah beberapa cara diatas tentunya akan membantu Anda dalam merawat frame sepeda yang Anda miliki. Merawat ini tentunya lebih baik, sebelum terjadi hal yang tidak Anda inginkan semisal frame patah saat digunakan di tengah jalan, atau hal-hal yang lainnya yang tidak kita duga akan terjadi.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Nah bagaimana sepeda Anda?

Pastikan Anda melakukan perawatan dengan baik dan benar untuk sepeda yang Anda miliki. Itulah informasi mengenai cara merawat frame sepeda, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *