Sejarah Sepeda MTB dan Tipe – tipenya

Sejarah Sepeda MTB dan Tipe - tipenya

Sepeda merupakan moda transportasi yang sangat ramah lingkungan. Dengan bersepeda berarti telah menunjukkan tentang kepedulian kita terhadap lingkungan yang kian terpapar oleh pemanasan global (global warming). Selain itu sepeda tidak menimbulkan polusi apapun malah dengan bersepeda bisa membuat tubuh kita lebih fresh dan sehat lagi. Manfaat lain dari bersepeda yaitu bisa menghemat energi. Banyak sekali jenis sepeda yang sudah beredar di pasaran, contohnya ada sepeda khusus wanita, sepeda balap dan juga sepeda MTB.

Sejarah Sepeda MTB dan Tipe - tipenya

Dari sekian banyaknya varian sepeda, ada satu jenis sepeda yang paling digemari oleh masyarakat yaitu sepeda MTB (mountain bike) atau biasa disebut sepeda gunung. Hal ini karena jenis sepeda gunung bisa digunakan untuk berbagai medan.

  • Sejarah sepeda MTB

Sepeda gunung pertama kali diproduksi yaitu pada tahun 1970. Saat itu sepeda gunung biasa dikenal dengan julukan ATB (All Terrain Bike). Seiring berjalannya waktu kini banyak bermunculan varian sepeda MTB lainnya seperti Downhill, Track, Freeride, Cross Country dan Dirt Jump.

  • Ciri – ciri sepeda MTB

MTB sendiri mempunyai ciri-ciri frame yang terbuat dari bahan-bahan ringan seperti chromoly, titanium, hi-ten, Carbon Fiber Reinforced Plastic (komposit serat karbon) dan alumunium. Pada awalnya sepeda gunung tidak menggunakan shockbreaker/suspensi.

Ban pada sepeda gunung biasanya lebih lebar dan besar supaya bisa mencengkeram tanah lebih kuat saat dikendarai di medan yang terjal hal ini juga berfungsi agar ban tidak mudah terselip atau terpeleset. Sepeda gunung memiliki 18-30 kecepatan sistem perpindahan gear sehingga pengendara lebih leluasa mengatur kecepatan sesuai medan yang dilewatinya.

Sepeda gunung yang memiliki 21 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan crankset belakang sebanyak 7 piringan. Namun pada group set yang lebih canggih sistem perpindahan giginya bisa mencapai 30 kecepatan.

  • Tipe – tipe sepeda MTB

Mtb biasanya didesain sesuai dengan medan yang ditempuhnya. Nah sebelum Anda memutuskan untuk membeli sepeda jenis mtb sebaiknya ketahui dulu tipe sepeda dengan mempertimbangkan keadaan medan yang akan ditempuh. Berikut tipe sepeda MTB serta tipe treknya.

Tipe all mountain MTB

Tipe ini didesain supaya mudah digunakan untuk menempuh bermacam-macam medan tempuh. Tipe all mountain ini dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang (full suspension).

Tipe Downhill MTB

Seperti namanya, sepeda tipe downhill diperuntukkan untuk medan terjal turunan seperti perbukitan dan pegunungan. Sehingga kurang nyaman untuk dikendarai di jalanan perkotaan. Model roda dan ban yang besar membuat kayuhannya terasa berat. Namun kerangkanya didesain dengan seringan mungkin agar mampu melaju kencang pada medan turunan.

Tipe Cross Country MTB/XC MTB

Jika Anda penyuka touring jarak jauh dengan menggunakan sepeda, Tipe cross country MTB ini menjadi rekomendasi untuk Anda. Hanya dilengkapi suspensi pada bagian depannya saja untuk menghindari benturan keras saat di jalanan membuat sepeda tipe ini mudah dikayuh di jalanan perkotaan ketimbang tipe yang full suspensi.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Nah itulah ulasan mengenai tipe-tipe sepeda MTB/sepeda gunung dan juga tipe – tipe treknya yang diperuntukkan sesuai kebutuhan pembelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *