Mengenal Onderdil Sepeda Gunung (MTB)

Mengenal Onderdil Sepeda Gunung (MTB)

Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga menjadi salah satu favorit olahraga bagi pecinta sepeda atau goweser. Nah, untuk Anda yang hobbi bersepeda tentunya sudah mengenal komponen-komponen apa saja yang terdapat pada sepeda yang Anda miliki saat ini. Sepeda pastinya memiliki banyak onderdil sepeda.

Mengenal Onderdil Sepeda Gunung (MTB)

Untuk mengenal onderdil sepeda lebih jauh lagi, khususnya sepeda gunung (MTB) berikut ini macam-macam komponen yang terdapat pada setiap bagian sepeda yang Anda miliki.

  • Frame

Frame merupakan rangka sepeda yang wajib ada dibagian sepeda Anda. Frame ini terdiri dari beberapa bgian diataranya : Top Tube, Down Tube, Seat Tube, Seat Post yang digunakan untuk dudukan sadel (sadle), Seat Stay, Chain Stay.

  • Handlebar

Handlebar merupakan kokpit sepeda, dimana memiliki fungsi untuk mengontrol gigi transmisi, rem depan belakang yang terdapat di handlebar ini. Handlebar ini lebih dikenal dengan stang kemudi, pada sepeda MTB memiliki banyak jenis diantaranya Monkey bar, dan juga Standart bar.

  • Stem

Stem adalah bagian kokpti sepeda, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan handleabr-Headset dan Fork (suspensi) depan. Stem ini tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan yang berukuran panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart.

  • Shifter

Grupsets atau komponen merupakan onderdil sepeda sebagai pemindah gigi transmisi yang memiliki fungsi untuk menggerakkan FD (front derailleur) dan RD (rear derailleur).  Shifter yang telah beredar di pasaran untuk penggerak RD mencapai 9 sampai 10 speed, untuk Shifter pada umumnya hanya terdiri 2 hingga 3 speed saja.

  • Brake Lever

Brake Lever atau biasa dikenal dengan tuas rem untuk bagian depan dan belakang.

  • Hand Grip

Hand Grip merupakan pembungkus Handlebar atau stang kemudi yang memiliki bahan karet atau sejenisnya tergantung kebutuhan yang diperlukan.

  • Font Fork

Font fork merupakan onderdil sepeda yang memiliki fungsi untuk menghubungkan roda depan dengan kemudi atau handlebar. Font fork tersedia dengan berbagai jenis, ukuran, merek dan model.

  • Headset

Headset adalah bagian depan frame yang didalamnya terdapat bearing dan onderdil lainnya yang memiliki fungsi untuk menghubungkan fork atau suspensi depan dengan sistem dan handlebar.

  • Saddle atau Sadel

Sadel merupakan tempat duduk pengemudi, untuk sepeda MTB memiliki ukuran lebih tebal dibandingkan dengan roadbike.

  • Pedals

Pedal merupakan komponen memutar buttom bracket dan crankset yang akan menggerakkan sepeda.

  • Crankset

Crankset adalah komponen lengan yang menghubungkan pedals dengan chain rings.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net
  • Chain Ring

Onderdil ini adalah transmisi gigi depan yang biasanya terdiri dari 2-3 chain rings  yang berfungsi menghubungkan rantai dengan crankset.

Selain onderdil sepeda diatas yang telah disebutkan, masih banyak onderdil lain seperti tire, rims, hub, idler pulley, rear derailleur dan chain. Anda dapat melengkapi sepeda Anda dengan komponen-komponen diatas agar sepeda dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *