Sepeda London Taxi

Sepeda London Taxi

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu sepeda jenis city bike yang nama brandnya adalah Sepeda London Taxi. “one of the core brand with lifestyle and vintage concept” begitulah kira-kira bunyi tagline yang terpampang jelas di website distributor resminya, Jefferys Indonesia. Bagi Anda yang hobi bersepeda santai, tentu menginginkan sepeda yang berdesain santai agar luwes kelihatannya kan?

Sepeda London Taxi

Nah kini telah ada satu varian sepeda yang sangat cocok digunakan untuk berjalan-jalan santai bersama orang tercinta yaitu sepeda london taxi yang mengusung konsep vintage dan cocok digunakan untuk berjalan-jalan menyusuri kota tua atau kota Bandung.

Faktor desain

Jika dilihat secara sepintas mungkin desain-desain sepeda london taxi memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan desain sepeda lain yaitu dengan mengusung konsep jadul, retro, vintage atau desain yang bisa dikatakan mirip dengan sepeda-sepeda kebo/kumbang untuk versi besar, atau jengki untuk versi mediumnya.

Jika membicarakan soal kenyamanan dan sisi ergonomis, sepeda ini dilengkapi oleh handle-bar/stang bertipe tourist-bar yang membuat posisi tangan relatif santai dan punggung tetap bisa dalam keadaan tegak. Posisi handle-bar tidak terlalu maju atau membungkuk seperti saat kita naik sepeda balap atau sepeda gunung.

Selain itu, sepeda London Taxi mengusung dudukan dengan sadel model suspension yaitu terdapat per atau pegas pada bagian bawahnya. Sehingga, sangat nyaman ketika dipakai untuk gowes dalam waktu yang relatif lama. Jarak sejauh apapun tidak jadi masalah.

Sedangkan untuk kesan berkendaranya, London Taxi dibekali dengan velg yang berukuran cukup besar, yaitu tipe 28. Ban yang cukup tipis ditambah dengan motif atau batikan yang halus membuatnya sangat cocok kalau dipakai berkendara di jalanan perkotaan. Dan juga warna ban yang terdiri dari dua warna (two-tones) kian menambah kesan onthelnya.

Faktor fungsi

Untuk tipe sepeda klasik, London Taxi sudah mengusung group-set yang bisa dioper ke beberapa ukuran gigi yang bisa disesuaikan dengan kontur jalan yang akan dilewati. Dan sudah tidak menggunakan gigi konvensional yang tidak bisa diubah sesuai kontur jalannya tentu hal ini akan menyulitkan saat berada pada jalan yang naik turun. Namun kekurangannya yaitu pemasangan group-set nya yang masih nanggung, operan gigi hanya terdapat pada bagian belakang sedangkan untuk bagian depan hanya terdapat satu lempengan gigi saja dan itupun diameternya tergolong kecil sehingga walaupun digunakan untuk kayuhan ringan ataupun kayuhan berat perbedaannya tidak terlalu kelihatan.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Namun masih terdapat satu hal lagi yang mengganjal yaitu kerangka sepeda london taxi yang dirasa sangat berat dan mudah berkarat. Hal ini karena london taxi masih memakai Frame-steel bukannya alloy yang sudah umum digunakan oleh model sepeda lainnya.

Meskipun begitu tipe sepeda ini sudah sangat ok untuk jenis sepeda onthel yang mengusung konsep klasik seperti sepeda london taxi ini. Penampilannya yang unik dan terkesan santai membuatnya semakin ok untuk digunakan menyusuri jalanan kota saat sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *