Inilah Sejarah Kemunculan Sepeda Lowrider yang Harus Anda Tahu

Inilah Sejarah Kemunculan Sepeda Lowrider yang Harus Anda Tahu

Sepeda lowrider pertama kali muncul pada tahun 1960-an di California. Anak-anak meniru kerajinan mobil lowrider dengan sepeda mereka sebagai kanvas untuk kreativitas, biasanya dimulai dengan sepeda otot umum. Ini memungkinkan mereka yang terlalu muda untuk mengendarai mobil untuk memiliki kendaraan khusus. Pada 1963, Schwinn adalah perusahaan pertama yang meluncurkan sepeda otot, dalam bentuk Schwinn Sting-Ray. Lowrider ini memiliki kebangkitan popularitas 90-an, karena kompetisi sepeda ini di pertunjukan lowrider mulai menjadi intens, sebagai akibat dari meningkatnya popularitas, Schwinns klasik menjadi jauh lebih langka serta lebih mahal. Berasal dari popularitas baru ini sebuah majalah berjudul Lowrider Bicycle Magazine mulai diterbitkan pada tahun 1993.

 Inilah Sejarah Kemunculan Sepeda Lowrider yang Harus Anda Tahu

Seorang lelaki bernama Warren Wong memiliki tempat yang layak sebagai pionir dalam sejarah sepeda ini. Warren bekerja dengan BMX dan freestyle bikes, tetapi keinginannya untuk menjadi berbeda merevolusi industri dan ia akhirnya dikenal sebagai Wheel King dengan desain Body Count nya yang disepuh dengan semak-semak. Ini adalah roda lowrider untuk yang pertama kalinya, yang nantinya akan berevolusi dan digandakan oleh banyak orang. Meskipun California adalah pusat lowriding dengan semua penutup sepeda dari edisi awal Lowrider Bicycle Magazine yang berasal dari California, akhirnya kegilaan lowrider menyebar ke negara-negara yang lainnya. 

Lowrider Bicycle Magazine adalah salah satu sepeda ini pertama yang ditampilkan dalam iklan berskala nasional, yang memulai debutnya selama Olimpiade Musim Panas 96. Ini adalah awal untuk lebih banyak penggunaan sepeda di dalam iklan, karena industri ingin memanfaatkan tren tersebut. Kadang-kadang dikerditkan dengan menyebarkan popularitas lowrider. Beberapa merek sepeda sangat populer di kalangan pembangun sepeda lowrider. Salah satu yang paling dicari basis untuk lowrider build. Sepeda-sepeda itu diproduksi biasanya 20 inchi. 

Pra-dibangun dan bahkan custom-made lowriders tersedia dari toko-toko sepeda ini dan bahkan beberapa bengkel mobil lowrider. Karakteristik dasar atau klasik dari lowrider sebagian besar aksesori sangat dipoles krom, meskipun emas juga dapat digunakan untuk suar tambahan. Berikut ini kecanggihan yang dimiliki oleh lowrider, yaitu:

  • Memiliki pelek 144 jari-jari chrome per roda biasa dan dibalut radial, dengan ban berdinding putih kursi pisang.
  • Memiliki pelapis khusus.
  • Dilengkapi dengan bilah sissy yang disesuaikan.
  • Memiliki gantungan kera atau setang tipe-Schwann.
  • Memiliki suspensi musim semi untuk garpu depan.
  • Fender depan dan belakang.
  • Roda kemudi yang berantai.
Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Beberapa modifikasi kustom termasuk garpu bengkok, jari-jari atau setang, apa yang dikenal sebagai kandang burung (strip logam bengkok yang menyerupai sangkar burung) yang dipotong dan dilas ke setang, bilah sissy atau pedal. Banyak sepeda juga menampilkan kerangka khusus seperti tank dan rok yang merupakan penambahan lembaran logam, biasanya di las ke rangka untuk memberikan tampilan terisi. Beberapa sepeda lowrider bahkan memiliki pengaturan silinder udara atau hydraulic untuk mengemulasi suspensi tinggi yang disesuaikan dengan mobil lowrider.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *