4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Second

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Second

Sepeda memang menjadi alat transportasi yang banyak digemari oleh para masyarakat. Hal ini dikarenakan sepeda memiliki peran sebagai alat olahraga yang sangat mudah untuk dioperasikan. Untuk harga sepeda pun juga sangatlah beragam, karena dipasaran menyuguhkan banyak jenis dan macam sepeda dengan harga yang sangatlah beragam. Sedangkan untuk membeli sepeda second pun juga sering kali menjadi pertimbangan bagi para masyarakat yang memiliki keterbatasan budget.

 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sepeda Second

Sedangkan untuk membeli sepeda bekas pun juga ada banyak hal yang wajib untuk diperhatikan dengan baik agar Anda tidak salah dalam melakukan pembelian sepeda yang terbaik dan berkualitas meskipun hanya membelinya dalam kondisi bekas. Jika Anda belum mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat membeli sepeda bekas, maka simak ulasan berikut ini: 

  • Rangka sepeda.

Rangka yang rusak akan membuat sepeda tidak berguna dengan sempurna. Hal ini dikarenakan rangka adalah bagian dari sepeda yang tidak dapat diganti, sehingga Anda harus memastikannya bahwa rangka sepeda memiliki fungsi yang baik sebelum Anda memutuskan pembelian. Pastikan tidak ada kerusakan seperti retak, penyok, karat, bubbling di bawah cat yang merupakan tanda korosi atau yang lainnya.

  • Pedal.

Pedal memang tidak begitu mahal, namun saat membeli sepeda second Anda harus melakukan pengecekan pada bagian ini dengan memberi tekanan pada kedua tuas rem dan mengayun sepeda bolak-balik. Jika Anda mendengar atau merasakan suara ketukan di sekitarnya maka sepeda membutuhkan perawatan.

  • Roda dan ban.

Meskipun Anda selalu dapat menggunakan roda dari sepeda yang berbeda atau meningkatkannya nanti, namun Anda dapat memeriksa roda demi roda dengan mengangkat setiap roda dari tanah dan melihatnya berputar. Periksa ketegangan ban dengan menekan jari-jari bersama-sama. Periksa juga permukaan pengereman untuk tanda-tanda kehausan ekstrim. Jika lintasan rem cekung dan bukan rata, roda mungkin melebihi jangka pakainya.

  • Rantai.

Ada baiknya juga jika Anda memeriksa rantai terlebih dahulu. Meskipun bukan bagian paling mahal, namun untuk masalah dengan rantai bisa berarti bagian lain dari drive train perlu diganti juga. 

Dengan melakukan pengecekan pada ke 4 hal penting seperti yang ada di atas, maka Anda pun tidak akan menemukan jenis sepeda yang salah. Mengingat bahwa membeli sepeda bekas memang bukan Anda yang menjadi tangan pertama, sehingga Anda tidak mengetahui apa yang terjadi dengan sepeda pada sebelumnya, sehingga jangan abaikan hal ini.

 Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Sebagai pembeli yang cerdas, tentunya teliti dalam melakukan pembelian sepeda second adalah suatu hal yang harus dilakukan. Dengan mengikuti ke 4 tips yang ada di atas, maka Anda pun tidak akan lagi mengalami banyak kesulitan dalam menemukan jenis sepeda terbaik dan berkualitas dan tentunya sangat nyaman untuk Anda kendarai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *