Jangan Sampai Salah Beli, ini Tips Memilih Sepeda Anak Terbaik

Melati motorik anak merupakan hal penting dalam tumbuh kembang mereka. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda tentunya harus rutin member stimulus berupa latihan agar otot-otot tubuh mereka terbiasa dengan gerakan. Salah satu aktivitas yang membawa dampak baik bagi system motorik anak adalah dengan bersepeda. Bersepeda bukanlah perkara mudah untuk anak-anak. Perlu latihan yang giat serta harus didukung dengan sepeda yang berkualitas baik. Lantas bagaimanakah cara memilih sepeda terbaik untuk si kecil? Berikut tipsnya memilih sepeda anak.

Jangan Sampai Salah Beli, ini Tips Memilih Sepeda Anak Terbaik

 

  • Pilih Sepeda Sesuai Dengan Usia Anak

Penggunaan sepeda biasanya diperuntukkan untuk anak yang usianya sudah mencapai 2 atau 2,5 tahun. Pasalnya di usia tersebut otot-otot kaki anak sudah berfungsi sempurna serta tinggi badan yang sesuai dengan ukuran sepeda anak pada umumnya. Oleh karena itu, belilah sepeda yang pegangan dan sadelnya dapat diatur dengan mudah untuk menyesuaikan tinggi si anak.

  • Penting Tidaknya Penggunaan Rem

Beberapa sepeda yang dijual di pasaran ada yang memiliki rem dan ada pula yang tidak dilengkapi rem. Kebanyakan orang tua lebih memilih membeli sepeda yang dilengkapi rem untuk anaknya. Namun, pada kenyataannya anak lebih memilih menghentikan laju sepeda mereka dengan menapakkan kakinya ke tanah daripada menggunakan rem. Oleh karena itu penggunaan rem pada sepeda adalah tidak mutlak. Kendati demikian, tidak masalah jika Anda memilih sepeda yang dilengkapi rem. Pasalnya pegangan yang memiliki rem akan memudahkan anak saat bertransisi dari sepeda anak ke sepeda biasa.

  • Pilih Sepeda yang Berbobot Ringan

Kenyamanan anak dalam bersepeda merupakan poin utama yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, pilihlah sepeda yang ringan untuk si kecil. Hal ini akan memudahkan anak untuk mendorong dan menggerakkan sepedanya. Selain itu, bobot sepeda yang ringan juga aman jika sewaktu-waktu anak Anda tertimpa sepedanya saat terjatuh.

  • Sepeda Dengan Pedal Atau Tanpa Pedal

Selain rem, penggunaan pedal pada sepeda anak juga masih jadi bahan pertimbangan oleh produsen sepeda. Terbukti dari beberapa sepeda anak ada yang dilengkapi dengan pedal ada juga yang tidak dilengkapi dengan pedal. Namun, kedua jenis sepeda tersebut masing-masing memiliki kelebihan. Seperti sepeda anak yang tidak memiliki pedal rupanya sangat baik untuk melatih keseimbangan anak sehingga memudahkan anak jika bertransisi ke sepeda roda dua biasa.

Baca juga artikel menarik lainnya di infospeda.net

Sedangkan untuk sepeda anak yang dilengkapi pedal, pada sepeda jenis ini biasanya ada tambah dua roda bantu pada bagian belakang sepeda. Jika keseimbangan anak sudah terlatih, roda bantu tersebut dapat dilepaskan. Selain itu, sepeda yang dilengkapi pedal biasanya bisa digunakan anak untuk waktu yang lama dibanding sepeda yang tak bersepeda. Meski demikian, usia anak yang terus bertambah tetap mengharuskan Anda sebagai orang tua untuk mengganti sepedanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *