Bikin Sepeda Lama Jadi Sepeda Baru

Bikin Sepeda Lama Jadi Sepeda Baru

Memiliki sepeda lama yang tidak terpakai karena modelnya atau motif yang sudah terlihat jadul? atau ingin memiliki sepeda baru tetapi tidak memiliki budget yang mencukupi? Mungkin kalian bisa coba dengan memofikasi sepeda yang dimiliki menjadi sebuah barang yang memiliki tampilan yang berbeda.

Bikin Sepeda Lama Jadi Sepeda Baru

Memilih untuk memofikasi sepesa yang telah ada menjadi sebuah sepeda baru tentu tidak akan membutuhkan biaya yang terlalu besar dibanding dengan membeli baru. Hanya dibutuhkan sedikit kreatifitas yang mungkin kalian miliki untuk make over barang lama. Sebagai referensi bagi kalian bisa baca terlebih dahulu tentang cara yang bisa digunakan untuk memodifikasi sepeda menjadi baru berikut ini :

  • Bongkar sepeda

Dengan menggunakan alat-alat seperti tang dan kunci kalian bisa untuk membongkar sepeda. Yang pertama dilakukan adalah melepaskan body sepeda sesuai rangka, ambil bagian-bagian yang dirasa memerlukan perubahan. Jika terdapat stiker yang tidak diinginkan bisa dilepas juga ya

  • Bawa ke tukang las

Jika kalian ingin mendapatkan bentuk yang berbeda bisa konsultasikan dengan tukang las yang lebih ahli dalam merubah bentuk.

  • Amplas

Setelah membongkar sepeda lama untuk menghasilkan sepeda baru bisa kalian amplas bagian-bagian yang telah dibongkar. Ini bertujuan untuk mendaptkan hasil yang lebih halus setelah proses yang dilakukan. Setelah di amplas jangan lupa untuk membersihkan dan juga mencucinya.

Baca juga: Ketahui Harga Sepeda Gunung Paling Terbaru

  • Cat

Proses pengecatan merupakan salah satu cara terbaik untuk memberi warna baru dari yang sebelumnya. Warna bisa mmberikan efek yang sangat berbeda, kalian bisa menggunakan cat semprot untuk mempermudah dalam prosesnya. Penyemprotan terbaik dilakukan dengan jarak 15-30cm dari body sepeda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses pengecatan bisa dilakukan dalam beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Pasang body dan stiker

Setelah semua proses dillakukan langkah selanjutnya adalah memasang kembali body sepeda, untuk mendapatkan tampilan sepeda baru bisa juga dengan cara menambahkan stiker agar terlihat lebih keren. Pilihlah stiker yang sesuai dan tidak terlalu berlebihan agar tidak memperoleh hasil yang lebay.

  • Ganti yang telah rusak

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti yang sekiranya telah mengalami kerusakan seperti sadel,rem,ataupun ruji. Ini penting karena selain tampilan kualitas juga perlu diperhatikan.

Tips tambahan yang mungkin bisa dilakukan adalah pastikan kalian memiliki kunci yang lengkap dan sesuai untuk proses pembongkaran, jika dirasa tidak memiliki peralatan dan kemampuan yang dibutuhkan tidak ada salahnya untuk membawanya ke reparasi sepeda yang lebih berpengalaman.

Tak perlu khawatir karena bagaimana pun biaya yang dibutuhkan untuk melakukan reparasi tidak akan lebih mahal dari membeli sepeda baru asal kondisi sepeda masih layak. Itulah beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan, semoga tips ini bisa bermanfaat selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *