Tips Mencuci Sepeda Sport Dengan Benar

Tips Mencuci Sepeda Sport Dengan Benar

Segala sesuatu yang terlihat bersih tentu akan memberi rasa nyaman bagi yang melihat. Bagi bikers penting untuk menjaga kepersihan sepeda sport agar selain terlihat bersih juga tentu akan memberi rasa nyaman saat menggunakannya.

Tips Mencuci Sepeda Sport Dengan Benar

Selain itu merawat sepeda sport juga sangat perlu dilakukan untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik, karena sering digunakan maka tak salah jika dilakukan pengecekan terhadap kelayakan alat olahraga yang satu ini.

Pengecekan bisa dimulai dari mengecek sekrup yang kendor, rantai yang aus ataupun gear yang tumpul. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa kendaraan anda dalam kondisi yang siap pakai setiap saat. Selanjutnya untuk proses mencuci sepeda sport diperlukan cara yang sedikit berbeda, agar tidak salah langkah perhatikan tips berikut ini :

  • Lepas aksesoris

Urutan pertama yang dilakukan saat mencuci adalah dengan melepaskan aksesoris yang berada di stang seperti bel,lampu, dan juga spidometer agar tidak rusak saat dicuci.

  • Balik sepeda

Setelah dilepaskan aksesorisnya langkah kedua yaitu membalikan posisi sepeda sehingga posisi kedua roda berada di atas. Agar sadel dan grips tidak lecet bisa kalian alasi dengan matras.

  • Lepas roda

Melepaskan roda keduanya baik belakang ataupun depan membutuhkan kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut pengunci as pada roda.

  • Bersihkan rantai,gear dll

Untuk membersihkan bagian-bagian diperlukan kuas atau sikat untuk membantu melakukannya, gunakan juga sabun yang sesuai agar hasilnya tampak lebih bersih. Sedangkan untuk bagian rantai kalian bisa menggunakan lap kain yang lembut untuk membantu membersihkan. Selain bagian rantai bagian lain bisa dicuci dengan menggunakan sikat yang tadi.

  • Bawah frame

Pada saat mencuci sepeda sport sangat penting untuk membersihkan bagian bawah frame dengan menggunakan kain lap serta sabun. Bersihkan secara merata bagian frame,stang, frame atas, dan juga frame belakang. Pastikan juga untuk membersihkan kabel pemindah gigi serta kabel penarik rem nya.

Baca juga: Tentukan Jenis Sepeda Sport Sebelum Membeli

  • Sistem roda

Pakailah kain lap dan juga sabun untuk membersihkan bagian roda depan dan belakang. Bersihkan semua mulai dari as roda,hub,termasuk juga jari-jari pada roda.

  • Cek sistem roda

Saat semua sudah selesai lakukan proses pemasangan kembali kedua roda, dan pastikan bahwa roda telah terpasang dengan sempurna. Cek putaran roda depan dan belakang apakah goyang atau tidak jika tidak maka roda telah terpasang dengan sempurna.

  • Rem

Proses mencuci telah selesai maka tak boleh melewatkan untuk mengecek keadaan rem pada sepeda sport kalian, cobalah dengan menarik rem depan dan belakang untuk mengetes bahwa rem telah bekerja dengan baik.

Demikian tadi beberapa tips untuk mencuci sepeda, sebagai tips tambahan kalian bisa memberikan pelumas pada bagian yang membutuhkannya. Dan pastikan menggunakan pelumas yang baik jangan oli bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *