Tentukan Jenis Sepeda Sport Sebelum Membeli

Tentukan Jenis Sepeda Sport Sebelum Membeli

Sepeda merupakan alat transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat. Selain itu sepeda juga sering digunakan untuk berolah raga. Mengunakan sepeda sport seseorang akan mendapatkan serasa berolahraga berat.  Pastinya dilakukan secara rutin olahraga bersepeda ini juga akan memberi kebugaran dan kesehatan di diri kita. Dan harapan yang lain adalah bebas dari penyakit.

Tentukan Jenis Sepeda Sport Sebelum Membeli

Jenis Jenis Sepeda Sport

Sebelum anda melakukan olahraga bersepeda ini. Pastikan anda memilih sepeda yang akan anda gunakan, pastikan sepeda sport itu sesuai dengan berat badan, tinggi badan dan pastinya ringan untuk dibawa. Selain itu kita harus memilih jenis sepeda yang akan kita gunakan yang sesuai minat dan kemampuan kita dalam mengendarainya. Berikut jenis-jenis sepeda sport yang berdasarkan fungsinya sebagai alat olahraga:

  • Artistic bicycle

Sepeda ini biasanya digunakan untuk melakukan trik agar mendapatkan poin dalam format yang menyerupai tari balet maupun senam.

  • Trials bicycle

Sepeda ini unik tenpat duduk yang sangat tidak berfungsi dan biasanya digunakan dalam disiplin bersepeda gunung dimana pebalap tidak boleh menginjakkan nkaki ditanah dalam melawati rintangan.

  • Time trial bicycle

Sepeda ini biasanya digunakan untuk pembalap dalam medan datar yang biasa digunakan dalam time atau individu. Sepeda ini juga ada yang diperuntukkan daalam velodrome atau area untuk lomba balap sepeda .

  • Triathlon bicycle

sepeda sport ini biasanya digunakan dalam kompetisi multipel yang harus menyelesaikan tiga disiplin yaitu ketahanan, berkelanjutan, dan sekuensial. Banyak variasi dalam perlombaan ini, yang paling unun dilakukan biasanya menggunkan olahraga berenang, berlari , dan bersepeda.

  • Track bicycle

Sepeda ini dioptimalkan untuk area lomba balap sepeda khusus. Karena sepeda ini hanya memiliki satu rasio roda gigi dan tidak memiliki freewheel atau rem. Sepeda ini tidak seperti sepeda jalanan. Atau sering disebut dengan fixed-gear.

  • Cyclo cross

Sepeda ini sering digunakan untuk even-even dunia. Dan biasanya digunakan dalam musim gugur maupun musim dingin (musim internasional maupun musim piala dunia adalah Oktober-Februari). Dalam perlombaan sepeda ini banyak jenis dari jarak yang pendek sampai jarak terpanjang. Olahraga ini dibutuhkan fisik yang benar benar bagus karena menggunkan medan trotoar, perhutanan, rumput, berlumpur, dan bukit terjal.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

  • Freestyle BMX

Olahraga bersepeda yang satu ini yang sangat extrim untuk pembalapnya. Dimodifikasi dari olahraga motor croos ini memiliki lima disiplin ilmu yaitu jalanan, taman, belukar, jalan setapak , dan tanah datar.

  • Racing BMX

Sepeda yang satu ini biasa digunakan untuk balapan sprint mengunakan kecepatan yang maksimal dengan jalur lintasan balap satu jalur off-road, yang biasanya terdapat gerbang pembuka, track lompatan dan finish.

Demikian tadi jenis sepeda sport yang berdasarkan fungsi dan olahraganya. Dengan banyaknya jenis pilihan untuk kategori sport tentunya akan memudahkan anda dalam pemilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *