Tips Memilih Frame Sepeda Untuk Kenyamanan Anda

Tips Memilih Frame Sepeda Untuk Kenyamanan Anda

Sepeda sekarang ini menjadi kendaraan alternatif di kota. Selain pergerakannya lebih mudah di tengah kemacetan jalanan, bersepeda dinilai juga lebih bersahabat dengan tubuh kita yang semakin kecil waktunya untuk olah raga. Selain itu dengan kesadaran yang lebih tinggi terhadap lingkungan, sepeda menjadi  pilihan untuk mengurangi emisi kendaran bermotor. Untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, penting sekali untung memilih frame sepeda yang tepat. Mulai dari bentuk sampai kualitas frame sangat berpengaruh dengan kualitas sepeda yang kita miliki.  Frame seolah menjadi nyawa bagi sepeda.

Tips Memilih Frame Sepeda Untuk Kenyamanan Anda

Lalu bagaimana cara kita memilih frame sepeda terbaik untuk sepeda kita, yang bisa menjamin kenyamanan dalam bersepeda. Berikut tips dari kami

  • Bahan frame sepeda  mutlak untuk kita perhatikan. Bahan berpengaruh pada kekuatan, kekokohan, berat, dan ketahanan sepeda. Ada banyak bahan yang bisa kita pilih.

– Besi memiliki keunggulan lebih kokoh dan kuat dari bahan lain. Tapi kekurangannya besi lebih mudah berkarat, dan rentan terhadap gonjangan.

Carbon fiber bisa anda pilih ketika menginginkan sepeda yang lebih ringan. Keunggulan lainnya,bahan ini bisa mengecilkan gonjangan sepeda, serta tidak mudah berkarat.  Tapi untuk ketahanan dan kekokohannya, masih kalah dari bahan logam sehingga rentan rusak ketika mendapatkan beban dn benturan yang keras

-Titanium bahan yang katanya terbaik dari yang lain. Karena tidak mudah berkarat, kuat, kokoh, dan juga lebih ringan. Tapi harganya tentu lebih mahal dari yang lain.

-Aluminium dari segi kekuatan dan kekokohan dan tahan dari karat, memiliki itu semua. Tapi dalam jangka waktu lama, bahan ini kekuatannya akn jauh menurun, karena menjdi lentur.

Dari bahan di atas silahkan pilih sesuai degan keinginan. Kebutuhan, dan juga uang anda.

  • Frame Sepeda yang kuat memiliki dua rangka horizontal dan dihubungkan dengan rangka vertikal. Dan sambungan antar sisi, kita lihat apakah tersambung dengan baik dan halus.
  • Bentuk dan ukuran frame juga penting untuk kita perhatikan. Untuk meneyesuaikan ukuran frame dengan tubuh kita, bisa kita ukur dengan cara kita berdiri dan membuka kaki secukupnya. Kemudian ukuran kaki sampai panggal pinggang kita kalikan 0,65 cm.

Untuk bentuk frame usahakan yang membuat kita nyaman berkendara. Misal jarang stang memungkinkan tangan kita menjangkaunya secara pas. Dan juga letak stang usahakan lebih rendah dari tempat duduk. Untuk frame bagian atas usahakan masih menyisakan ruang dari sadel, untuk keselamatan selangkangan Anda.

 Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Di atas telah kami paparkan cara memilih frame sepeda yang bisa menjadi masukan bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu merawat dan mengecek sepeda anda secara rutin agar tetap maksimal digunakan. Selain itu sesuaikan beban dengan kekuatan dari sepeda. Untuk kualits sepeda yang maksimal selain frame juga perhatikan komponen lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *