Tips Membeli Sepeda Gunung yang Berkualitas Terbaik

Tips Membeli Sepeda Gunung yang Berkualitas Terbaik

Bagi yang senang bersepeda di jalanan pegunungan, sepeda gunung atau MTB (mountain bike) menjadi pilihan jenis sepeda yang tepat. Karena jenis sepeda yang satu ini didesain untuk medan pegunungan yang ekstrim dan terjal. Hal ini terlihat dari kerangka yang umumnya terbuat dari baja, alumunium, ataupun komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic). Selain itu dibekali juga dengan shock breaker yang berguna untuk meredam goncangan saat melewati medan yang bergelombang. Ban yang digunakan pun didesain dengan kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat agar tidak mudah tergelincir atau selip.

Tips Membeli Sepeda Gunung yang Berkualitas Terbaik

Dari segi spesifikasi, sepeda MTB memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya. Sehingga saat membelinya Anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Nah, agar tidak salah pilih berikut ini ada beberapa tips saat membelinya, yaitu:

  • Mengenali jenis sepeda.

Pahami terlebih dahulu jenis-jenis sepeda yang ada di pasaran. Pastikan Anda tahu kriteria sepeda MTB yang dimaksud. Karena spesifikasi sepeda MTB jelas-jelas berbeda dengan sepeda lainnya, seperti city bike, road bike, dlsb. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya sepeda gunung atau MTB umumnya terbuat dari bahan baja, alumunium, dan composite serat karbon. Selain itu memiliki shock breaker serta ban yang tebal dan besar untuk melalui medan yang terjal dan bergelombang.

  • Menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Anda bisa membeli sepeda dengan kisaran harga yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Usahakan dana masih tersisa beberapa bagian, karena Anda juga perlu membeli peralatan tambahan agar bersepeda semakin nyaman, seperti membeli helm, sarung tangan, wear pack, dlsb. Untuk sepeda dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih sepeda dengan rangka alumunium. Meskipun ringan, namun sepeda dari rangka ini akan lebih leluasa saat bergerak dan lebih cepat melewati trek pegunungan.

Baca juga: Ketahui Harga Sepeda Gunung Paling Terbaru

  • Antara full suspension atau hard tail.

Full suspension memang memberikan kenyamanan untuk pengendara, namun tidak cukup baik untuk melewati medan berat. Berbeda dengan hard tail yang tidak memiliki suspension di bagian belakang namun baik untuk medan berat karena lebih ringan.

  • Mempertimbangkan gaya bersepeda.

Gaya bersepeda satu orang dengan yang lainnya sangat berbeda-beda. Sehingga ini bisa menjadi pertimbangan saat membeli sepeda MTB. Kenali gaya bersepeda Anda, apakah untuk kebutuhan berkendara dalam kota, ataukah untuk perjalanan ekstrem di area pegunungan, dlsb. Nantinya Anda bisa memilih varian sepeda yang sesuai, mulai dari Trial, Gravity, Enduro, atau XC Race.

  • Membeli sepeda dari merk yang berkualitas.

Biasanya merk yang bagus akan memberikan kualitas yang bagus juga. Untuk itu pertimbangkan merk yang bagus saat membeli sepeda MTB.

  • Membeli produk yang bergaransi.

Ini dimaksudkan agar kita tidak khawatir jika sewaktu-waktu sepeda mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

  • Mencoba sepeda yang dibeli.

Beberapa toko ada yang mengijinkan calon pembeli untuk mencoba sepeda yang diinginkan. Manfaatkan kesempatan ini saat membeli sepeda gunung yang Anda inginkan. Pastikan apakah sepeda cukup nyaman saat digunakan agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *