Tips Membeli Sepeda Anak yang Tepat dan Nyaman untuk Si Kecil

Tips Membeli Sepeda Anak yang Tepat dan Nyaman untuk Si Kecil

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyehatkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk anak-anak, sepeda sangat baik diberikan. Karena selain bisa dijadikan sarana untuk bermain, bisa juga digunakan untuk melatih motorik dan keseimbangan. Bahkan juga bisa dijadikan sarana untuk anak berolahraga yang menyenangkan. Di pasaran saat ini banyak sekali sepeda anak dengan berbagai desain, ukuran, merk, dan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si anak.

 Tips Membeli Sepeda Anak yang Tepat dan Nyaman untuk Si Kecil

Berbeda dengan sepeda untuk orang dewasa, sepeda untuk anak-anak memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda. Sehingga para orang tua saat membelikan untuk putra – putrinya hendaklah lebih cermat dan teliti dengan mempertimbangkan fungsi dan keamanan, terlebih jika usia anak yang masih balita. Di usia anak yang masih balita, sepeda dengan bantuan roda di bagian belakang tentu akan sangat membantu, terutama jika masih dalam tahap belajar naik sepeda. 

Jika dalam waktu dekat ini Anda akan membeli sepeda anak, pastikan Anda tidak hanya mempertimbangkan merk yang ditawarkan saja. Namun pastikan juga kenyamanan si kecil saat menggunakan sepeda tersebut. Lebih jelasnya Anda juga bisa menerapkan tips-tips berikut ini saat memilihnya, yaitu:

  • Menyesuaikan dengan usia anak.

Belilah sepeda dengan mempertimbangkan usai putra – putri Anda. Sehingga Anda bisa memilih sepeda dengan model hingga bahan/material yang sesuai. Anda bisa menyesuaikan dengan tinggi badan anak agar nantinya bisa digunakan dengan mudah saat berkendara. Untuk anak yang masih dalam tahap belajar, sepeda dengan roda bantuan di bagian belakang bisa dipertimbangkan. Dan untuk anak yang masih kecil, sepeda dengan bahan lunak bisa menjadi pertimbangan.

  • Ukuran sepeda yang sesuai.

Ukuran sepeda bisa disesuaikan dengan tinggi dan berat anak. Ukuran yang sesuai sangat diperlukan agar anak lebih mudah membawanya dan bisa menghindarkan si kecil dari kecelakaan. Pastikan saat anak duduk di sepeda, kaki tidak terlalu tinggi dari pijakan tanah.

  • Rangka sepeda yang tepat.

Rangka sepeda juga tidak boleh diabaikan saat memilih sepeda untuk anak karena berhubungan dengan keamanan. Pastikan rangka kuat dan desainnya lurus dari depan hingga ke belakang.

  • Cek kondisi rem sepeda.

Rem sangat berfungsi untuk menghentikan laju sepeda. Cek dan pastikan rem berfungsi dengan baik, karena jika tidak akan membahayakan keselamatan.

  • Stang yang tepat.

Untuk anak laki-laki bisa memilihkan sepeda dengan stang lurus. Sedangkan untuk anak perempuan bisa memilih stang melengkung atau lurus. Yang penting utamakan kenyamanan si kecil terlebih dahulu saat memilihnya.

  • Memilih velg sepeda yang sesuai.

Pilihlah velg dengan bahan yang bagus. Velg dari bahan logam campuran atau alumunium bisa dijadikan pilihan yang baik, karena mampu di cengkeram dengan baik saat kondisi rem yang basah. Selain itu sesuaikan juga ukuran velg dengan usia anak.

  • Pelindung rantai.

Agar celana atau kaki anak tidak kotor saat sepeda dikayuh, pilihlah sepeda dengan pelindung rantai.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

  • Model sepeda.

Anda bisa menyesuaikan model sepeda anak sesuai dengan usia si kecil. Selain itu pilihlah sepeda dengan desain yang disukai si kecil. Untuk itu ajak si kecil saat pemilihannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *