Kenali dan Pahami Jenis Bahan Frame Sepeda

Kenali dan Pahami Jenis Bahan Frame Sepeda

Untuk anda yang akan membeli sepeda pastikan anda mengenal frame sepeda terlebih dahulu. Dengan mengenal frame yang bagaimana yang cocok digunakan untuk bersepeda.  Jenis material yang cocok dan ringan lah harapannya. Kata FRAME biasanya orang awam mengenal atau menyebutnya dengan kerangka. Kerangka merupakan hal yang terpenting dalam bersepeda. Karena di kerangka inilah semua komponen berpusat, baik itu roda maupun pedalnya. Dan seiring berkembangnya zaman banyak model kerangka guna menarik pembeli khususnya pecinta sepeda.

Kenali dan Pahami Jenis Bahan Frame Sepeda

Mengenal Bahan Frame Sepeda

Diera sekarang bahan Frame Sepeda sudah banyak jenisnya. Jangan sampai kita terlena karena pastikan dalam membeli sepeda baru itu memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama. Disini kita akan membahas tentang bahan frame sepeda:

  • Hi ten steel

Bahan yang satu ini biasa kita sebut dengan bahan baja. Material baja ini biasanya digunakan untuk sepeda kelas low-end, kelas mid, sampai kelas sport amatir. Bagi sepeda kelas menengah dan least sporty pemula bahan ini cocok karena material yang digunakan cukup kuat. Dan pastinya yang paling murah dibanding jenis yang lainnya. Pastinya ada kekurangan dan kelebihannya.

  • Alumunium alloy

Alumunium alloy ini merupakan frame sepeda yang memakai material metal campuran alumunium. Bahan ini juga kuat meski tak sekuat bahan baja. Namun juga ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari bahan ini yaitu, ringan sehingga mudah dibawa kemana mana, sangat tahan terhadap korosi, dan harganya cukup bervareasi tergantung jenis framenya. Dan memiliki kekurangan yaitu, kualitas dan kekuatan akan berkurang seiring berjalannya waktu, lebih rentan rusak, dan sulit diperbaiki jika penyok maupun bengkok.

  • Chromoly

Bahan ini biasa kita sebut bahan crom, ciri utamanya adalah hampir sama dengan material baja atau hi-ten steel namun dibuat lebih tipis, adapun kelebihannya adalah sanggat kuat dibanding dengan baja, tahan lama, kaku namun flex, dan dilihat dari harganya cukup murah. Adapin kekurangannya dari frame sepeda ini adalah rentan terhadap korosi namun sedikit baik dibanding dengan baja, berat yang pastinya.

  • Carbon fiber

Ciri dari bahan ini adalah tanpa cat akan terlihat serat- serat carbonnya seperti karung bekas, tidak ada sambungan las, dan bisa terbakar habis. Terbuat dari serat carbon yang dicampuri epoxy resin pastinya frame ini mudah dibentuk, tidak akan berkarat bisa menentukan sendiri model frame yang bagaimana sesuai dengan keinginan karena mudah dibentuk.

  • Titanium

Bahan frame ini yang sangat diminati oleh pecinta sepeda karena memilikin berat yang sangat ringan dibanding bahan yang lainya.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Demikian bahan Frame Sepeda yang biasanya digunakan oleh pabrik pabrik sepeda, semoga bermanfaat bagi anda yang akan membeli sepeda baru. Pahami dari segi bahan diatas agar anda bisa memilih sepeda dengan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *