Tips Mengatur Gear Sepeda Untuk Kemudahan Bersepeda

Tips Mengatur Gear Sepeda Untuk Kemudahan Bersepeda

Bersepeda sekarang ini tidak hanya digunakan untuk pilihan model transportasi tapi juga digunakan untuk sarana olah raga dan rekreasi.  Banyak Komunitas memilih tour sepeda untuk berkumpul dan mengakrabkan diri. Apalagi sepeda dari kehari juga semakin meningkat kualitasnyauntuk semakin memudahkan pemakai dan semakin memaksimalkan mobilitasnya. Pengembangan gear sepeda menjadi terobosan penting sepeda. Dengan banyaknya gear yang dimiliki kita bisa menyesuaikan tingkat kecepatan , kuat dan tidaknya kayuhan yang disesuaikan dengan kondisi dan medan yang dilalui.

Tips Mengatur Gear Sepeda Untuk Kemudahan Bersepeda

Tapi tidak sedikit orang bersepda tidak begitu memahami cara memanfaatkan dan menggunakan gear sepeda ini untuk kemudahan berkendara. Sehingga gear yang banyak ini seakan tidak berguna dalam selama aktifitas bersepeda. Lalu bagaimana cara agar kita dapat bisa menggunakan dan memanfaatkan tingkatannya untuk kemudahan kita. Berikut uraian dari kami.

  • Pahami jumlah tingkatan kecepatan sepeda. Kita dapat menghitung tingkatan kecepatan dengan menghitung jumlah gear sepeda yang ada. Caranya kalikan jumlah gear belakang dan depan. Misal depan ada 3 belakang ada 4 maka ada 12 tingkatan kecepatan yang dimiliki sepeda.
  • Anda bisa mengatur letak rantai pada gear dengan memutar tuas atau sejenisnya pada stang kanan untuk gear belakang dan stang kiri pada gear depan.
  • Aturan pokoknya adalah untuk gear depan semakin besar maka tingkat gear ¬†akan semakin tinggi, dan sebaliknya. Untuk gear belakang gear paling besar memiliki posisi paling bawah, dan sebaliknya. Semakin tinggi gear kecepatan juga semakin tinggi dan kayuhan akan semakin berat.
  • Anda bisa mengatur kecepatan dan kuat tidaknya kayuhan sesuai dengan situasi dan konsisi. Jika berada pada jalan yang ramai atau sempit, lebih baik anda mengatur letak gear sepeda lebih rendah. Dan sebaliknya jika ditempat yang lengang dan menbutuhkan kecepatan lebih baik anda menggunakan gigi yang lebih tinggi.
  • Ketika anda akan mulai bersepeda lebih baik anda gunakan gear rendah, dan naikan pelan-pelan ketika sepeda sudah berjalan.
  • Ketika anda berada pada jalan tanjakan lebih baik anda menggunakan gear rendah. Meskipun kecepatannya rendah itu lebih memudahkan dan aman bagi anda serta memiliki kecepatan yang lebih stabil. Sebaliknya jika berada pada jalan menurun atau lurus, lebih baik menggunakan gear tinggi.
  • Ketika berada pada situsi angin kencang lebih baik anda mengatur gear pad posisi yang lebih rendah. Hal ini lebih meringankan anda dalam mengayuh.
  • Untuk menjaga agar rantai tidak mudah rusak, jangan posisikan gear yang memuat rantai menyilang.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Di atas telah kami paparkan tips dalam menggunakan gear sepeda ketika bersepeda. Yang pasti ketika bersepeda, pastikan sepeda dalam kondisi terbaik. Dan jangan lupa untuk menyiapkan atribut keselamatan lainnya. Karena tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan. Untuk perjalanan jauh penting bagi anda untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *