Cara Memilih Sepeda MTB Yang Baik

Cara Memilih Sepeda MTB Yang Baik

Sekarang ini bersepeda kembali poluler di kalangan masyarakat kota dari berbagai jenis seperti sepeda gunung, sepeda MTB dan sepeda down hill dan lainnya. Mereka kembali melirik sepeda sebagaai alat transpoertasi alternatif. Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga digunakan sebagai media untuk berolahraga dan sekaligus sarana untuk melepas penat dari rutiitas pekerjaan sehari-hari.

Cara Memilih Sepeda MTB Yang Baik

Banyak bermunculan kelompok-kelompok bersepeda yang rutin melakukan tour ke berbagai tempat. Sepeda BMT menjadi pilihan yang tepat, jenis sepeda yang bisa digunakan untuk olahraga dan tour. Selain memiliki mobilitas yang tinggi, untuk perjalanan jauh juga terkenal lebih aman dan nyamanuntuk kemanan dan kenyamanan selama bersepeda penting untuk memperhatikan cara memilih Sepeda MTB yang tepat.

  • Penting untuk keamanan dan kenyamanan anda, dalam memilih sepeda MTB untuk menyesuaikan dengan tinggi badan anda. Untuk mengukur tinggi sepeda yang pas, silahkan anda berdiri dan regangkan kaki anda secukupnya. Kemudian ukur panjang kaki anda sampai pangkal paha. Setelah itu hasilnya dikalikan 0,65 cm.  Hasil hitungan itulah untuk mengukur tinggi dudukan. Atau anda juga bisa mengurai tingginya maksimal 10 cm.
  • Selain tinggi sepeda panjang Sepeda MTB juga sangat berpenaurh terhadapa kenyamanan Anda. Pastikan tangan anda dapat menjangkau stang dengan pas, dan memastikan tangan anda dapat menekung sedikit.
  • Selain itu usahakan posisi stang lebih rendah kira-kira ketinggian 2,54—5,08 cm untuk mobilitass yang lebih baik.
  • Ban  Sepeda MTB seperti sepeda pada umunya penting untuk diperhatikan, karena sangat berpengaruh pada keselamatan anda. Untuk sepeda BMT pastikan Anda memilih ban yang tepat sesuai dengan medan yang nantinya anda lalui. Dalam memilih sepeda BMT anda juga bisa menyesuaikan besar ban dengan medan yang nantinya akan anda lalui. Sepeda dengan ban yang besar akan lebih cocok untuk medan yang berbatu dan sejenisnya. Ban untuk ukuran standar (66,04 cm) baik digunakan untuk medan standar dan bergelombang. Ban dengan ukuran stadar sangat cocok bisa digunakan bersepeda dengan cepat tinggi.
  • Penting dalam memilih sepeda MTB untuk memilih gear yang memiliki jumlah variasi kecepatan yang beragam. Hal ini akan sangat mendukung perjalanan anda karena bisa diatur tingkat kecepatan, berat, dan ringannya kayuhan, yang disesuaikan dengan kebutuhan medan.
  • Dalam memilih Sepeda MTB pastikan rem sepeda anda mencengkram dengan baik, ban depan dan belakang. Untuk rem yang lebih mencengkram, lebih baik anda memilih yang jenis cakram.
  • Selain itu penting juga untuk memastikan rangka  anda kokoh dan kuat seperti memilih pada sepeda pada umumnya. Anda bisa melihatnya dari bahan dasar rangka dan sambungan setiap rangka.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net 

Di atas telah kami paparkan tips dalam memilih Sepeda MTB. Yang terpenting di dalam memilih sepeda dan berkendara adalah keselamatan anda. Untuk apa anda berolaharaga untuk tujuan sehat kalau keselamatan anda tidak dapat terjamin. Maka penting untuk mempersiapkan segalanya baik itu sepeda, pakaian, aksesoris keselamatan, dan kemampyan Anda untuk berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *