Memilih Sepeda Gunung Bagi pemula

Memilih Sepeda Gunung Bagi pemula

Bersepeda bisa dijadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk sekedar berolahraga ataupun menjadikannya sebagai hobby. Penggunaan yang rutin tentu membutuhkan sepeda yang nyaman dan bisa digunakan dalam berbagai trek , misalnya sepeda gunung.

Memilih Sepeda Gunung Bagi pemula

 

Penggunaan sepeda gunung tak hanya ditujukan bagi seorang pesepeda profesional namun bagi pemula pun juga bermanfaat. Hal ini karena ada beberapa nilai tambah pada sepeda gunung yang mampu menunjang kegiatan bersepeda. Namun jika kamu seorang pemula sebaiknya cari informasi lebih dulu mengenai produk sebelum membeli, untuk menambah wawasan dan informasi bisa kalian simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih sepeda gunung berikut ini :

  • Pahami merk

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam memilih sepeda gunung adalah mengenal dan memahami merk yang telah ada di pasaran. Ada beberapa merk lokal indonesia yang telah diakui memiliki kualitas yang baik yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat.

  • Jenis frame

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih jenis frame, saat ini mayoritas telah menggunakan bahan alloy atau alumunium alloy. Sebaiknya hindari yang terbuat dari bahan besi/steel karena lebih berat.

  • Ukuran frame

Setelah menentukan jenis frame kalian juga perlu untuk memilih ukuran frame, ini penting untuk memastikan ukuran frame sesuai dengan tinggi badan pemakainya.

  • Diameter ban

Dalam memilih sepeda gunung pemilihan ukuran diameter ban juga sangat penting. Normalnya terdapat 3 ukuran diameter ban yaitu 26,27.5, dan 29 namun ukuran standard yang biasa digunaka adalah 27.5

  • Group set

GS sepeda biasanya terdiri dari beberapa elemen seperti shifter, front derauiller, RD, casette dan juga crancase set. Kelimanya sangat penting, ini bisa dirasakan saat mengayuh sepeda. Sekarang banyak pilihan merk sebagai pilihan, pilihlah yang sesuai dengan budget yang kalian miliki jika kalian masih dalam tahap pemula.

  • Jenis tipe frame

Secara umum jenis sepeda gunung terbagi kedalam 2 jenis yaitu hardtrail dan full suspension keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Untuk itu pastika terlebih dahulu jalur yang akan kalian lewati untuk menentukan jenis tipe frame yang akan digunakan.

  • Fork

Cara terakhir yang digunakan untuk menentukan pilihan sepeda yaitu terletak pada jenis fork yang digunakan.  Fork atau suspensi terbagi ke dalam 2 jenis yaitu berisi grease dan air shock.  Fork grease terbuat dari pelumas yang memungkinkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan air shock yang berisi angin.

 Baca artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Diatas adalah beberapa cara atau tips yang bisa diterapkan dalam memilih sepeda gunung bagi pemula, karena kalian masih dalam tahap awal tak ada salahnya untuk berguru pada seorang yang telah berpengalaman dalam dunia sepeda ataupun dengan bertanya kepada petugas di outlet pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *