Tips Memilih Sepeda Anak Dengan Tepat

Nama sepeda tak asing lagi bagi kita seumuran dewasa. Hal yang umum jika anak dewasa menugnakan sepeda. Namun seiring berkembangnya zaman, industri- industri yang bergerak dalam usaha pembuatan sepeda juga mendesain sepeda anak. Yaitu sepeda yang digunakan anak anak. Sekarang baru bisa berjalan atau baru bisa berbicara saja sudah minta dibelikan sepeda. Namun belajar sepeda itu tak semudah membayangkan. Kita juga butuh keseimbangan dalam mengendarai sepeda tersebut. Tak jarang juga kita harus jatuh bangun untuk tetap bisa bersepeda dengan lancar.

Tips Memilih Sepeda Anak Dengan Tepat

Cara Memilih Sepeda Anak Dari Berbagai Aspek

Sepeda sekarang sudah sangat digemari anak-anak. Khusus berbicara sepeda anak sekarang sudah banyak model dan jenis nya. Bagi anak kecil biasanya dibantu dengan tambahan roda dibelakangnya, biasanya ditambah satu atau roda guna membantu anak dalam proses belajar keseimbangan. Dan sekarang ada juga sepeda yang tanpa pedal atau yang sering disebut dengan strider. Fungsinya untuk melatih keseimbangan anak terlebih dahulu. Berikut ada beberapa cara memilih sepeda anak:

  • Usia

Dalam memilih sepeda anak yang terbaik pastikan anda mengetahui usia berapa yang akan menggunakan sepeda tersebut. Usia ini menjadi poinyang utama. Pada  umumnya sepeda anak itu baru bisa digunakan diusia 2 tahun keatas. Hal ini di karenakan seusia 2 tahun kaki sudah kuat dan juga memiliki tinggi yang bisa menjanggakau dasar tanah. Sepeda anak seumuran ini biasanya tanpa pedal, maka dari itu perlu kaki kuat untuk mengayuh agar sepeda bisa berjalan. Tan hanya itu kaki ini di fungsikan untuk mengerem saat akan berhenti. Sekali lagi pastikan usia berapa yang akan memakai sepeda tersebut.

  • Berat sepeda

Pastikan sepeda yang terbeli adlah sepeda yang ringan seusia anak- anak. Kenapa demikian karena seusia anak- anak sangatlah senang dan gembira bermain sepeda di luar rumah. Dengan ukuran yang ringan dia akan merasa mudah mendirikannya disaat dia terjatuh dan disaat tidak diawasi oleh orangtua atau orang dewasa.

  • Pastikan yang memiliki rem

Pada umumnya usia 2 tahun itu rem tidak lah begitu berfungsi karena mereka lebih miudah menggunkan kakinya untuk mengerem disaat mau berhenti. Namun tak salah juga untuk melatih keterbiasaan orang tua memilih sepeda yang ada rem nya, jadi anak tak susah susah harus memakai kaki untuk mengerem.

  • Memiliki standar

Poin ini lah yang tak hanya anak gunakan. Standar ini biasanya untuk menyimpan. Jika sudah ada standrnya akan membutuhkan tempat yang sedikit untuk menyimpannya. Dan tak itu saja sepeda anak yang memiliki standar memastikan sepeda tidak mudah lecet dan rusak.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Demikian tadi sedikit poin – poin yang harus diperhatikan orang tuan ketika anak membeli sepeda anak. Pastikan sepeda anak yang terbaik diusianya sehingga akan mendapatkan kenyamanan dalam bermain sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *