Cara Memilih Sepeda Anak Yang Sesuai

Cara Memilih Sepeda Anak Yang Sesuai

Sepeda anak adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan motorik pada dirinya. Dengan melatih anak bersepeda sejak kecil bisa juga untuk menghindarkan dari ketergantungan terhadap gadget maupun televisi.

Cara Memilih Sepeda Anak Yang Sesuai

Pengenalan ini bisa dilakukan sedini mungkin karena memang saat ini banyak pilihan sepeda anak yang bisa menunjang mulai dari balita hingga anak remaja. Namun bagi orang tua memilihkan sebuah sepeda juga diperlukan beberapa pertimbangan. Jangan asal membelikan sesuatu untuk anak tanpa pemikiran yang panjang karena bisa jadi barang tersebut akan terbuang sia-sia pada nantinya. Jadi sebelum membeli sepeda anak alangkah baiknya jika simak beberapa tips berikut ini :

  • Pastikan sesuai

Membeli sepeda juga perlu untuk menyesuaikan dengan usia sang anak, ini penting mengingat varian yang dimiliki. Sepeda memiliki model dan material yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

  • Pilih ukuran sepeda

Selain menyesuaikan sepeda anak dengan umurnya memilih ukuran sepeda juga tak kalah penting, karena jika ukuran sepeda sesuai dengan sang pemakai tentu akan memberi kenyamanan dan pasti akan safety saat digunakan. Pastikan sepeda yang dipilih memiliki tinggi dan berat sesuai dengan anak agar ia mampu menggunakannya dengan baik.

  • Pastikan rangkanya

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memilih sepeda yang sesuai adalah pemilihan rangka, memang terkadang hal ini sedikit disepelekan namun jangan melewatkannya ya. Pilihlah yang memiliki rangka kuat serta memiliki desain yang lurus.

  • Rem

Ini adalah faktor yang wajib untuk diperhatikan secara lebih detail, pastikan sepeda yang dibeli memiliki kekuatan rem yang bagus. Nggak mau kan anak nanti malah celaka karena keteledoran dalam mengecek kondisi rem.

  • Stang

Perhatikan apakah posisi stang sudah sesuai dan anak bisa memegangnya dnegan mudah dan nyaman. Jangan memilih yang letak stang terlalu dekat ataupun terlalu jauh.

  • Velg

Point selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu velg, pilihlah yang memiliki kualitas yang baik yang terbuat dari logam campuran serta alumunium. Selain itu pertimbangkan juga ukuran velg yang sesuai dengan rangka.

  • Rantai

Pasangkan pelindung rantai untuk sepeda anak agar ia lebih aman saat menggunakannya, hal ini untuk menghindari kaki kotor , adanya gesekan dengan kaki ataupun celana tersangkut.

  • Model

Cara terakhir yang bisa menjadi pertimbangan adalah modelnya, sesuaikan model dengan usia anak anda sehingga tidak akan merepotkan saat menggunakan.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Demikian tadi beberapa daftar cara yang bisa diterapkan dan menjadi bahan pertimbangan saat memilih sepeda anak yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih yang sesuai agar bisa bermanfaat bagi sang anak. Dan ingat bahwa tak ada salahnya menerapkan budaya hidup sehat dengan berolahraga sejak kecil, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *