Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixie yang Harus Anda Ketahui  

Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixie yang Harus Anda Ketahui  

Ada banyak sekali jenis sepeda yang sudah beredar luas dipasaran serta didesain seunik dan sebagus mungkin untuk menarik minat masyarakat terutama para pecinta sepeda. Salah satunya adalah jenis sepeda fixie yang belakangan ini sedang populer dan dicari oleh banyak orang. Sepeda jenis ini selalu identik dengan gaya sederhana atau minimalis sehingga tidak ribet dan menariknya lagi sepeda jenis ini juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Karena jenis sepeda ini tidak memiliki bagian rem, oleh karena itu pedal sepeda akan terus berputar jika roda belum berhenti menggelinding.

 Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixie yang Harus Anda Ketahui  

Sepeda jenis fixie ini menjadi tren terbaru dan digemari oleh para kalangan anak mudah dan pekerja, karena selain desainnya yang unik, sepeda ini juga multifungsi dan tentu saja dengan sering bersepeda akan membuat tubuh menjadi sehat. Jika ingin mengerem atau mengurangi kecepatan, Anda bisa melakukannya dengan menahan pedal ke arah belakang agar tidak terus berputar. Selain desainnya yang terbilang trendy dan sesuai dengan sepeda masa kini, masih ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh sepeda jenis fixie ini, antara lain:

 

  • Penampilan sepeda ini sangat menarik dengan gaya minimalis dan mengusung tema moderen.
  • Anda juga dapat menggunakan sepeda fixie untuk berbagai action seperti gaya mundur, sepeda lambat maupun tehnik bersepeda lainnya.
  • Karena jenis ban yang digunakan sangat tipis sehingga akan lebih ringan saat digunakan, selain itu rolling resistan pada sepeda jenis ini juga terbilang lebih rendah.
  • Karena tidak memiliki bagian rem, group set maupun sifter, sepeda ini tidak terkesan ribet dan juga tidak membutuhkan perawatan ekstra.

 

Selain beberapa kelebihan di atas, sepeda yang populer dengan nama fixie ini juga bersifat low maintenance dan memiliki keunggulan lain yaitu harga sparepartnya yang terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis sepeda road bike atau sepeda gunung. Akan tetapi, hadir sebagai sepeda masa kini yang langsung diminati banyak orang, sepeda jenis fixie ini tentunya juga tidak terlepas dari kekurangan, yaitu:

 

  • Karena sepeda ini tidak memiliki rem, maka Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan jenis sepeda ini.
  • Sepeda ini juga tidak cocok untuk bersepeda jarak jauh karena hanya memiliki satu gear saja, sehingga jika dipaksakan akan melelahkan pengendaranya.
  • Sepeda jenis fixie juga tidak dapat dipakai untuk kegiatan off road.
  • Jika Anda memakai jenis sepeda ini untuk medan yang ekstrim, maka bagian bottom bracketnya sudah dapat dipastikan akan mengalami kerusakan yang ringan sampai parah dan harus menggantinya.

 

Itulah ulasan mengenai daftar lengkap kelebihan dan kekurangan sepeda fixie yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin membeli sepeda jenis ini. Dengan memahami setiap ulasan di atas dengan baik, maka Anda akan bisa menentukan apakah jenis sepeda ini sesuai dengan kebutuhan bersepeda Anda atau tidak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *