Ternyata Begini Cara Merawat Sepeda MTB yang Paling Benar

Ternyata Begini Cara Merawat Sepeda MTB yang Paling Benar

Kegiatan bersepeda memang disukai banyak orang. Selain menyenangkan, kegiatan yang satu ini juga sekaligus dapat menjadi sarana olahraga yang menyehatkan tubuh. Jika Anda rutin menggunakan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari, maka secara tidak langsung Anda juga telah mengurangi masalah polusi udara karena sepeda tidak memerlukan bahan bakar sehingga bersifat ramah lingkungan. Salah satu jenis sepeda yang populer dan banyak dimiliki oleh masyarakat adalah jenis sepeda MTB atau mountain bike. Umumnya jenis sepeda ini lebih dikenal dengan nama sepeda gunung yang multifungsi untuk dapat dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Ternyata Begini Cara Merawat Sepeda MTB yang Paling Benar

Ada banyak sekali jenis sepeda gunung yang sudah dijual luas di pasaran, sebaiknya Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai sepeda ini sebelum memutuskan untuk membeli agar bisa mendapatkan jenis sepeda gunung yang tepat. Setelah memiliki sepeda impian, ada baiknya Anda selalu menggunakan sepeda tersebut dengan baik dan juga melakukan perawatan sepeda secara rutin agar kualitas sepeda Anda tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Untuk itu, di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara merawat sepeda gunung yang baik dan benar, antara lain:

  • Cucilah sepeda gunung Anda secara rutin terutama setelah dipakai untuk melalui medan tanah atau berlumpur. Hal ini untuk menghindari penumpukan debu maupun kotoran lainnya yang dapat menjadi keras dan sulit dibersihkan nantinya.
  • Jangan lupa untuk melepaskan semua jenis aksesoris sepeda MTB Anda sebelum proses pencucian seperti lampu sepeda, speedometer dan bel sepeda.
  • Cara membersihkan rantai sepeda yang benar adalah dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahi dan diberi sabun kemudian tempelkan ke rantai dan putarkan pedal secara perlahan. Dengan cara ini semua kotoran yang ada di rantai akan rontok dengan sendirinya.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian gir sepeda, lengan pedal dan pedal serta roda sepeda. Anda dapat menggunakan sikat maupun kain lap untuk menghilangkan bekas oli atau kotoran yang menempel.

Baca juga: Sepeda MTB Terbaru Dari Thrill

Setelah proses pencucian sepeda selesai, jangan lupa untuk mengecek bagian sistem pengereman sepeda karena ini merupakan salah satu bagian penting dari sepeda Anda. Jika kondisi rem Anda sudah aus atau bahkan tidak dapat berfungsi dengan baik, maka segera ganti bagian kampas remnya dan jangan pernah menunda untuk menggantinya, hal ini sangat penting karena dapat berpengaruh pada keselamatan Anda saat mengendarai sepeda tersebut.

Itulah ulasan mengenai cara merawat sepeda MTB yang bisa Anda jadikan referensi untuk merawat sepeda Anda. Dengan mengikuti semua langkah perawatan di atas, sudah pasti sepeda gunung Anda akan awet dan memiliki kualitas yang tetap terjaga meskipun Anda telah memakainya dalam jangka waktu yang lama. Usahakan untuk selalu menggunakan sparepart sepeda gunung yang asli atau standar agar sepeda memiliki performa yang maksimal sesuai keinginan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *