5 Tips Praktis Membeli Sepeda Gunung yang Tepat Sesuai Kebutuhan

5 Tips Praktis Membeli Sepeda Gunung yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Kegiatan bersepeda sudah akrab dengan berbagai kalangan masyarakat. Selain sebagai sarana olahraga yang menyehatkan, dengan menggunakan sepeda untuk berpergian Anda juga turut mengurangi polusi udara. Salah satu jenis sepeda yang populer dan banyak digunakan adalah jenis sepeda gunung atau sering disebut dengan mountain bike. Sepeda jenis ini terbilang praktis dan cocok untuk digunakan olahraga, sepeda santai, pergi ke sekolah bahkan berangkat kerja. Oleh karena itu, tidak heran jika peminat sepeda ini tidak pernah sepi dan penjualannya selalu meningkat di pasaran.

5 Tips Praktis Membeli Sepeda Gunung yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Jika Anda termasuk salah satu orang yang akan membeli sepeda mountain bike sebaiknya dengan mendasarkan dengan beberapa pertimbangan seperti tujuan penggunaan sepeda tersebut, fungsi utama dan medan jalan yang akan paling sering Anda lalui. Untuk itu, di bawah ini aka kita bahas beberapa tipe mountain bike yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Tipe freeride. Sepeda mountain bike jenis ini memiliki desain khusus untuk menghadapi medan yang memiliki lompatan tinggi atau kondisi ekstrim lainnya. Akan tetapi, karena bobotnya yang berat, freeride tidak cocok digunakan untuk bersepeda jarak jauh.
  2. Tipe downhill. Sedangkan sepeda jenis ini memiliki rancangan khusus agar dapat melaju dengan kecepatan tinggi namun, tetap aman dan nyaman saat digunakan untuk menuruni pegunungan maupun bukit.
  3. Cross country. Sedangkan sepeda gunung jenis ini didesain khusus untuk medan alam yang ringan sampai sedang sehingga sangat efisien dan optimal jika Anda menggunakannya untuk bersepeda di area jalan aspal sampai tanah pedesaan.
  4. All mountain. Sepeda mountain bike jenis ini sangat direkomendasikan untuk medan alam yang berat seperti masuk hutan, medan berbatu, naik turun bukit maupun untuk menjelajah jarak jauh.

Baca juga: Alasan Sepeda Polygon Menjadi Pilihan Tepat untuk Sepeda Gunung

Setelah mengetahui apa saja jenis sepeda mountain bike yang paling populer, Anda bisa membeli sesuai dengan jenis dan kebutuhan bersepeda Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda mengetahui beberapa tips praktis sebelum membeli sepeda mountain bike yang tepat, yaitu:

  • Belilah sepeda dengan model custom jika Anda ingin menentukan komponen apa saja yang Anda perlukan di sepeda mountain bike Anda, akan tetapi jika belum memahami tentang sepeda sebaiknya membeli dengan kondisi full bike.
  • Bandingkan harga sepeda yang akan Anda beli antara satu toko dengan toko lainnya agar bisa mendapatkan harga terbaik.
  • Tidak ada salahnya bergabung dengan berbagai komunitas sepeda untuk lebih mengetahui tentang dunia sepeda.

Itulah beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan sebelum membeli sepeda gunung yang Anda inginkan. Sebaiknya pilihlah jenis sepeda yang sesuai dengan medan lingkungan tempat tinggal Anda, agar penggunaan sepeda dapat lebih maksimal serta aman dan nyaman untuk Anda. Jangan lupa untuk membeli beberapa aksesoris tambahan seperti sepatu dan helm untuk menjaga keselamatan Anda ketika bersepeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *