Ketika Memilih Sepeda Anak, Pastikan untuk Memperhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

Ketika Memilih Sepeda Anak, Pastikan untuk Memperhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

Selain kendaraan bermotor, sekarang ini masyarakat Indonesia juga sering menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk berpergian ke tempat yang tidak terlalu jauh lokasinya serta sering digunakan juga sebagai sarana olahraga. Selain orang dewasa, ternyata sepeda juga bisa digunakan oleh anak-anak yang dimana menggunakan sepeda tersebut sebagai sarana bermain mau pun untuk berpergian ke tempat yang dekat-dekat saja, seperti misalnya di dalam kompleks, di taman, dan lain sebagainya. Namun tentu saja, jenis sepeda yang digunakan sangat berbeda dengan apa yang digunakan oleh orang dewasa. Mereka menggunakan sepeda anak yang memang didesain khusus memiliki ukuran yang lebih kecil serta dibuat seaman mungkin agar mereka tidak terluka ketika mengendarainya. Selain itu, para orang tua yang ingin membelikan si kecil hadiah sepeda sebenarnya harus memperhatikan beberapa hal penting yang sangat berkaitan erat dengan keamanan mereka mengendarai sepeda tersebut, yakni:

Ketika Memilih Sepeda Anak, Pastikan untuk Memperhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

  • Usia

Hal paling pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membelikan si kecil hadiah sepeda adalah memperhatikan usia mereka. Usia sangat penting untuk diperhatikan karena tubuh mereka memiliki kemampuan mengendalikan sesuatu secara berbeda. Pastikan jika memberikan mereka sepeda setidaknya setelah mereka menginjak usia 2 tahun ke atas. Hal tersebut pastinya akan lebih aman untuk mereka karena pada usia tersebut, mereka sedang dan sudah mempelajari bagaimana dapat mengendalikan suatu barang dengan baik.

Baca juga: Jenis-Jenis Sepeda Anak

  • Banyak Roda

Selain usia dari si kecil, banyak roda pada sepeda anak juga harus Anda perhatikan. Ketika pertama kali membelikannya, pastikan jika sepeda tersebut memiliki 3 sampai 4 roda agar mereka dapat mengemudikannya dengan mudah. Jika dirasa usia mereka sudah mencukupi, gantilah sepeda tersebut dengan yang memiliki 2 roda atau melepas roda bantuannya. Pastikan untuk mengajarkan anak mengendarai sepeda beroda dua ketika mereka sudah benar-benar siap, misalnya ketika mereka duduk di sekolah dasar.

  • Bahan Pembuat

Selain kedua hal di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan pembuat dari sepeda yang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan sepeda tersebut hingga anak bertumbuh, maka lebih baik membeli jenis sepeda yang menggunakan bahan dasar yang lebih kuat seperti baja. Namun jika bertujuan menggunakannya untuk saat ini saja, maka bahan yang biasa saja seperti plastik atau besi biasa juga dapat Anda pilih dan berikan untuk si kecil.

  • Pelindung Rantai

Baik sepeda anak yang memiliki harga murah atau pun mahal, untuk dapat berjalan tentunya mereka memerlukan adanya rantai sepeda yang menghubungkan roda depan dan belakangnya. Ketika memilih jenis yang paling tepat untuk diberikan pada si kecil, pastikan jika komponen tersebut memiliki pelindung sehingga kaki mereka pun tidak akan terluka ketika sedang mengendarai sepeda tersebut. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan dan jangan pernah meremehkannya karena berdampak besar bagi keamanan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *