Tips Merawat Sepeda Agar Awet Seperti Baru

Tips Merawat Sepeda Agar Awet Seperti Baru

Bagi seorang pecinta olahraga sepeda, sepeda adalah salah satu ornament terpanting dalam hidupnya. Merawat sepeda merupakan kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Namun, tahukah Anda bagaimana cara merawatnya dengan benar? Jangan sampai Anda melakukan salah dalam perawatan. Salah perawatan dapat mengakibatkan sepeda menjadi cepat rusak sehingga tidak nyaman digunakan.

Tips Merawat Sepeda Agar Awet Seperti Baru

Berikut akan dipaparkan secara rinci cara merawat sepeda dengan benar, antara lain:

Lepas aksesoris sepeda

Lepaskan semua aksesoris yang melekat pada sepeda seperti bel, lampu, spidometer, dan lain sebagainya. Lepas pelan-pelan untuk meminimalkan goresan. Lepaskan pula kabel jika sepeda Anda menggunakan rem v-brake. Cara melepas rem v-brake yaitu dengan menekan dua sisi caliper, kemudian tarik untuk membebaskan rem dari sepeda.

Balik sepeda

Membalik sepeda harus dilakukan dengan hati-hati. Letakkan badan Anda di samping sepeda. Berikan tangan terkuat untuk memegang sisi depan atau bagian down tube. Tangan lainnya memegang area sadel. Balik dengan cara memutar sepeda perlahan. Siapkan alas untuk sedel dan grips untuk menghindari lecet ketika menyentuh tanah atau lantai.

Lepas roda

Lepas roda depan dengan cara membuka pengencang as roda. Buka klip pengunci untuk membebaskan roda. Jika sepeda Anda menggunakan klip sistem, lepas roda dengan kunci pas. Carilah kunci sesuai ukuran baut pengunci roda. Cara melepas roda belakang yaitu dengan menarik ke belakang pemindah gigi atau yang disebut dengan rear derai lleus. Kemudian tarik ke atas untuk membebaskannya.

Bersihkan sistem penggerak

Bagian ini adalah salah satu yang terpenting karena sistem penggerak merupakan mesin sepeda. Rawat sistem penggerak agar laju sepeda tetap ringan. Bersihkan RD sepeda menggunakan sikat yang telah dibasahi. Bersihkan pula rantai sepeda dengan lap lembut. Putar pedal ke depan untuk membersihkan rantai secara menyeluruh.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Sepeda Dengan Baik Dan Benar

Bersihkan rangka

Merawat rangka sebaiknya dilakukan dengan benar. Salah perawatan dapat menyebabkan rangka mudah berkarat atau cat cepat mengelupas. Lap rangka sepeda menggunakan lap yang telah dibasahi sedikit minyak. Anda dapat menggunakan minyak goreng atau minyak tanah. Penggunaan minyak bertujuan agar sepeda terlihat lebih mengkilat seperti baru.

Bersihkan roda

Membersihkan roda sepeda setelah melepasnya dari rangka akan mempermudah Anda. Sikat roda bagian depan dan belakang menggunakan sikat lembut. Basahi sikat dengan air agar kotoran yang menempel pada roda cepat hilang. Sebagai finishing membersihkan roda, siram dengan air roda belakang dan depan secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kotoran yang masih melekat pada roda.

Pasang komponen dan cek kembali

Tunggu hingga semua komponen sepeda kering sebelum memasangnya kembali. Setelah kering, pasang komponen dengan hati-hati dan pastikan komponen melekat kuat. Minimalkan terjadinya gesekan agar sepeda tidak tergores.

Semoga berbagai tips dalam merawat sepeda di atas dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *