Tips – Tips Memilih Kerangka Sepeda Secara Tepat

Tips - Tips Memilih Kerangka Sepeda Secara Tepat

Bisa dibilang kerangka sepeda  merupakan jantungnya atau pusatnya sebuah sepeda, maka dari itu kita tidak bisa sembarangan untuk memilihnya. Kita disarankan memilih ukuran kerangka yang sesuai dengan postur dan berat badan kita untuk mendapatkan kenyamanan dalam bersepeda.

Tips - Tips Memilih Kerangka Sepeda Secara Tepat

Dengan banyaknya variasi kerangka sepeda yang dijual di pasaran kita juga memiliki banyak keuntungan seperti bisa dengan mudah memilihnya sesuai dengan merek dan budget yang kita inginkan. Maka dari itu ada baiknya sebelum membeli kerangka yang tepat kita harus mempelajari dulu beberapa jenis dan ukuran kerangka tersebut.

Berikut ini merupakan jenis – jenis bahan kerangka sepeda umumnya dijual di pasaran Indonesia :

  • Besi, dijual dengan harga yang cukup mahal, kerangka dengan bahan dasar besi memiliki kelemahan yaitu berat dan cepat korosi dan berkarat.
  • Baja, bahan dasar baja memiliki kekuatan lebih kuat dari besi namun juga masih rentan dengan korosi dan berat.
  • Alumunium, material ini lebih ringan dari besi dan baja namun memiliki kekuatan yang sama dengan besi dan baja, selain itu bahan dasar alumunium juga tahan terhadap karat dan ringan. Namun bahan inihanya memiliki ketahanan pemakaian sampai 5 tahun dan jika terjadi kerusakan akan sulit untuk diperbaiki.
  • Titanium, bahan dasar titanium memiliki tingkat ketahanan dan kepadatan yang sama dengan baja namun lebih ringan dan tahan terhadap karat/ korosi, namun harga dari bahan ini cukup mahal dan jika terjadi kerusakan akan sulit untuk diperbaiki.
  • Serat karbon, bahan ini memiliki kelenturan dan kekuatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena terbuat dari campuran benang karbon dan epoxy resin. Serat karbon merupakan bahan yang ringan dan tahan terhadap korosi, selain itu bahan ini tergolong murah jika dibandingkan dengan bahan – bahan yang lain. Namun perlu anda ketahui juga bahwa bahan ini tidak tahan terhadap suhu panas yang tinggi dan api.

Setelah mengetahui berbagai jenis sepeda, hal lain yang perlu pelajari adalah ukuran kerangka sepeda  yang tepat. Kita bisa menghitungnya dengan tinggi badan dan panjang kaki yang diukur mulai dari pangkal pahan sampai ujung kaki tanpa alas ( stand over height ), kemudian perhatikan jarak sadel dan stang, anda harus memastikan bahwa anda memiliki cukup ruang gerak untuk lutut dan siku untuk mengayuh pedal untuk menghindari terjadinya cidera otot kaki. Jika merasa ragu anda bisa bertanya pada penjual karena mereka ahli dalam hal ukuran sepeda. Berikut ini adalah tingkat dan ukuran kerangka yang beredar di pasaran :

  • Xxs , merupakan ukuran untuk tinggi badan antara 148 – 152 cm, maka ukuran kerangka yang cocok adalah 47 – 48 cm.
  • Xs, dengan tinggi badan antara 152 – 160 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 49- 50 cm.
  • S, tinggi badan antara 160 – 168 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 51 – 53 cm.
  • M, tinggi badan antara 168 – 175 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 54 – 55 cm.
  • L, tinggi badan antara 175 – 183 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 56 – 58 cm.
  • Xl, tinggi badan antara 183 – 191 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 58 – 60 cm.
  • Xxl, tinggi badan antara 191 – 198 cm, maka ukuran kerangkanya adalah 61 – 63 cm.

Baca juga: 4 Pilihan Sepeda Baru Agar Semakin Keren

Demikian beberapa informasi dari kami, semoga dapat memberi manfaat dan tambahan pengetahuan anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *