Pertimbangan Memilihkan Sepeda Anak Roda Tiga Agar Anak Semangat Bersepeda

Pertimbangan Memilihkan Sepeda Anak Roda Tiga Agar Anak Semangat Bersepeda

Banyak hal yang dapat diajarkan ke anak dan salah satunya adalah bersepeda. Dengan bersepeda, tidak hanya bisa membuat anak lebih sehat namun juga meningkatkan perkembangan motorik dan keseimbangan anak. Untuk belajar bersepeda, Anda bisa memulai untuk membantu anak belajar sepeda roda tiga terlebih dahulu. Setelah itu, secara bertahap Anda bisa membelikan sepeda anak yang dilengkapi dengan 2 roda bantu, lalu hilangkan salah satu roda pembantu dan baru ajarkan anak untuk mengayuh sepeda roda 2.

Pertimbangan Memilihkan Sepeda Anak Roda Tiga Agar Anak Semangat Bersepeda

Sebelum Anda membelinya, selain harus mempertimbangkan apakah ada bagian yang rusak atau kurang sempurna, misalnya ada bagian skrup yang kurang kencang, Anda bisa mempertimbangkan hal berikut ini. Pertama adalah besar tubuh anak. Saat ini bahkan anak yang usianya 2 tahun bisa lebih besar dibandingkan dengan anak yang usianya 4 tahun. Besar anak akan sangat mempengaruhi besar ukuran dari sepeda yang akan Anda pilih karena hal tersebut akan bisa mempengaruhi kenyamanan anak. Jika sepeda terlalu besar, masih bisa dipergunakan untuk beberapa waktu kedepan, namun jika terlalu kecil akan menyebabkan anak susah bergerak.

Kedua adalah pilih bahannya. Biasanya sepeda anak dengan roda 3 ada yang terbuat dari bahan plastik

dan ada juga yang terbuat dari bahan besi. Jika hanya untuk anak usia di bawah 2 tahun, Anda bisa memilih sepeda yang terbuat dari bahan plastik karena lebih ringan namun biasanya bahan ini juga dikombinasikan dengan menggunakan besi misalnya untuk bagian setang atau leher stang dan bagian pedal. Sepeda dari bahan plastik juga lebih enteng sehingga akan lebih memudahkan anak untuk belajar mengayuh sepeda tersebut. Sedangkan bahan dari baja/besi/alumunium, bisa lebih awet dan tahan lama.

Ketiga adalah model dari sepeda tersebut. Ada beberapa jenis model sepeda roda tiga, diantaranya adalah :

  • Dengan sandaran badan namun juga dilengkapi dengan tongkat pengendali sehingga memungkinkan orang tua untuk mendorong dan mengendalikan sepeda tersebut dari belakang misalnya belok kanan atau belok kiri.
  • Dilengkapi dengan sandaran badan sehingga anak bisa bersandar saat capek.
  • Tidak dilengkapi dengan sandaran dan biasanya digunakan oleh anak yang lebih besar, yang sudah memiliki keseimbangan badan yang lebih bagus agar anak tidak terjengkang.

Baca juga: Langkah Mudah Latihan Belajar Sepeda Anak

Keempat adalah pertimbangkan mengenai harganya. Walaupun sebaiknya Anda membeli yang merk terkenal karena terbukti kualitasnya, namun sebaiknya harus sesuai dengan budget yang Anda miliki mengingat akan ada banyak kebutuhan anak Anda yang harus dipenuhi misalnya untuk pendidikan, makan, baju dan kebutuhan yang lainnya. Karena hal tersebut, pilih yang memiliki harga yang tepat dengan yang Anda butuhkan. Jika dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggunakan atau membeli sepeda anak second dengan kualitas yang masih bagus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *