Museum Sepeda Antik Yang Unik

Museum Sepeda Antik Yang Unik

Museum merupakan salah satu tempat untuk mengumpulkan sesuatu benda atau karya sejarah maupun seni yang akan dijadikan bukti sejarah dimasa yang akan datang. Tak beda dengan museum sepeda yang ada di serang banten dan museum angkut yang ada di malang. Museum ini merupakan salah satu tempat yang bisa kamu jadika edukasi untuk belajar sejarah mengenai Indonesia tempo dulu dengan mngenal sepeda kuno yag terdapt di museum tersebut.

Museum Sepeda Antik Yang Unik

Sepeda kuno atau juga disebut sepeda ontel memang menjadi perbincangan untuk saat ini, dari peminat yang semakin banyak sepeda ini mulai direbutkan dikalangan kolektor barang antik, untuk dijadikan koleksi. Dilihat dari tahun pembuatan sepeda kuno ini memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dimiliki, sepeda yang sudah ada sejak Indonesia belum merdeka ini memang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Untuk itu banyak museum sepeda dibangun untuk memberi pelajaran tentang sejarah dan kejayaan sepeda ini pada jaman dulu.

Dengan adanya museum sepeda ini diharapkan menjadi edukasi  sejarah untuk anak muda, agar lebih mengerti tentang sejarah Indonesia lewat sepeda ini. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa sepeda ontel yang sekarang disimpan dimuseum yang pernah dijadikan alat transportasi oleh pejuang Indonesia. Antar lain:

  • Sepeda ontel bung karno, sepeda ini pernah dipakai oleh bung karno saat di asingkan oleh pemerintah belanda di Bengkulu. Sampai saat ini sepeda itu tersimpan di rumah pengasingan bung karno. Tapi banyak persepsi mengenai merk dari sepeda ini, dikarenakan sudah hilang tulisan atau merk yang melekat di sepeda tersebut.
  • Sepeda ontel bung hatta, kalau anda berlibur ke Sumatra barat jangan lupa mampir ke rumah kelahiran bung Hatta. Yang sekarang sudah diubah menjadi museum. Bangunan dengan dua lantai yang terbuat dari kayu dan bilah-bilah ini menjadi tempat lahirnya proklamator repoblik Indonesia yaitu Mohammad Hatta atau sering dipanggil bug Hatta. Disini anda kan menumukan sepeda ontel milik bung Hatta yang masih terawatt.
  • Sepeda ontel Simplex, meruapakan salah satu sepeda yang terdapat di museum sepeda yang mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia. Sepeda ini banyak digunakan masyarakat Indonesia pada waktu jaman dulu, dan menjadi transportasi andalan masyarakat. Dari tahaun 1930, tak heran sepeda ini juga turut menjadi salah satu saksi bisu sejarah di Indonesia.
  • Sepeda ontel gazelle, sepeda dengan merk ini juga termasuk saksi sejarah yang terjadi di Indonesia, ┬ásepeda yang dibuat pada tahun 1892 ini merupakan sepeda tertua yang masih di cari para kolektor barang antik. Selain mempunyai desin yang kalik sepeda ini juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Baca juga: Museum Sepeda Terunik yang Wajib Anda Kunjungi

Demikian ulasan tentang sejarah dan museum sepeda yang menjadi saksi bisu akan terbuatnya sejarah tersebut. sebagai generasi muda kita tinggal mencari kebenaran tentang sejarah melalui peninggalan yang ada di sekitar kita. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *