Pameran Sepeda Ontel Langka Dan Tertua Di Yogyakarta

Pameran Sepeda Ontel Langka Dan Tertua Di Yogyakarta

Dengan berkembangnya jaman seperti sekarang ini, yang sudah dipenuhi dengan berbagai transportasi yang modern membuat keberadaan sepeda ontel atau sepeda tua kini semakin menghilang. Banyak yang kurang memahami tentang sejarah yang dalam mengenai sepeda ini. untuk itu para pecinta sepeda tua mengadakan pameran sepeda dengan menyuguhkan sepeda kuno untuk edukasi sejarah buat anak muda jaman sekarang.

Dengan bergantinya waktu, sepeda yang mulai hilang kegunaanya ini, kini menjadi salah satu incaran para pecinta barang klasik. Tak heran dengan adanya pameran sepeda ini mendapat antusias yang tinggi dari para pengunjung, terutama para pecinta sepeda kuno tersebut.  Satu persatu sepeda kuno atau kerap disebut pit ontel ini dapat sambutan yang meriah dari para pengunjung saat memasuki tempat pameran. Sepeda yang memiliki sejarah yang panjang dan banyak dibuat sebelum Indonesia merdeka ini menjadi pameran yang sangat meriah yang diselenggarakan tahun kemarin.

Pameran Sepeda Ontel Langka Dan Tertua Di Yogyakarta

Yang mencuri perhatian pengunjung pada pameran sepeda waktu itu adalah sepeda Kendrick two wheel steering (TWS). Sepeda ini hampir mirip dengan becak karena memiliki dua roda depan dan satu roda belakang, dan sepeda ini depergunakan untuk membawa baran belanjaan. Selain itu masih banyak jenis sepeda kuno lainnya, anatar lain:

  • Sepeda ontel Veeno, sepeda ini murupakan sepeda yang sangat tua tapi tidak kalah dengan sepeda jaman sekarang. sepeda ini dibuat pada tahun 1908. Dengan tahun pembuatan yang sangat lama tak heran sepeda ini menjadi salah satu incaran para kolektor barang antik, karena menjadi saksi bisu sejarah yang sangat panjang.
  • Sepeda ontel Gazelle, tak kalah tua dengan Veeno sepeda Gazelle ini juga masih sangat layak digunakan untuk transportasi sehari-hari. Sepeda ini sudah ada sejak tahun 1902, salah satu sepeda tua yang ada di pameran sepeda yang di gelar diyogyakarta pada tahun lalu.
  • Sepeda ontel Simplex, sepeda ini merupakn sepeda paling tua diantar sepeda-sepeda laiannya, yaitu sudah ada sejak tahun 1887. Simplex au tomatic machine company yaitu produsen dari merk sepeda ini yang bertempat di Utrecht. Dan berpindah di Amsterdam menjadikan sepeda ini dikenal sampai saat ini dikalangan masyarakat belanda.
  • Sepeda ontel Burger, sepeda jenis ini meruapakan sepedah yang didirikan di belanda pada tahun 1950-1955. Dengan ciri khas yaitu dibagian tengah terdapat lambing atau merk bertuliskan burger ENR. Sepeda ini juga salah satu sepeda yang dipamerkan diyogyakarta.

Baca juga artikel menarik lainnya di infosepeda.net

Demikian ulasan sedikit tentang sejarah sepeda, semoga bermanfaat untuk dijadikan edukasi untuk mengetahui sejarah, terutama di Indonesia. Dengan tetap mencintai budaya dan menghormati peninggalan sejarah, agar menjadikan Indonesia lebih maju kedepannya.  Sekian dan terima kasih, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *